Erabaru.net– Ledakan kasus COVID-19 pasca libur lebaran semakin menggila di seluruh provinsi-provinsi yang terdapat di pulau Jawa. Ini diketahui dari hasil test yang menemukan banyak kasus terkonfirmasi dan tingkat keterisian tidur rumah rumah sakit.

“Kita lihat bersama 5 provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya dari pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, bahkan provinsi ke enam kenaikan teratas adalah provinsi Banten dengan kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus pada minggu ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta Selasa (15/6/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube BNPB.

Ia mengatakan, daerah yang mengalami lonjakan kasus adalah tempat tujuan pemudik dan para pemudik berasal.

“Kenaikan kasus pada minggu kelima pada periode liburan ini jelas terlihat pada tujuan mudik seperti Jawa Tengah, DIY, banten dan Jawa Barat serta daerah yang menjadi asal pemudik yaitu DKI Jakarta,” imbuhnya.

Wiku  mengingatkan kondisi  mengkhawatirkan atas lonjakan kasus yang terjadi. Ia meminta semua pihak bekerjasama untuk menetapkan langkah-langkah antisipasi untuk menekan lonjakan kasus.    

“Kondisi yang mengkhawatirkan patut menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat  untuk berhati-hati menetapkan pengendalian kasus yang sesuai dengan kapasitas masing-masing daerah, fokus kita saat ini adalah mengendalikan daerah yang sedang mengalami kegentingan kasus dengan mematuhi pembatasan mobilitas yang ada baik dalam negeri maupun luar negeri,” katanya. (asr)

Share

Video Popular