Erabaru.net. Pandemi COVID-19 telah membuat penggunaan masker wajah dan perlengkapan APD menjadi norma di seluruh dunia. Di India, jenis virus yang mematikan ini telah mengamanatkan perlunya pemakaian masker ganda.

Namun, satu hal yang masih belum dipelajari oleh masyarakat adalah melakukan pembuangan masker dengan benar. Ini telah menjadi masalah yang sangat memprihatinkan bagi para profesional kesehatan dan pekerja garis depan. Apalagi dengan cara pembuangan masker yang tidak bertanggung jawab yang mengancam ekosistem kita termasuk hewan liar.

Contoh kasus: Sebuah insiden mengerikan muncul di Tamil Nadu, India, ketika video tim dokter hewan menarik masker wajah dari perut Siberian Husky yang menjadi viral.

Video tersebut dibagikan oleh petugas IAS Supriya Sahu di Twitter dengan judul, : “Masker yang kita buang sembarangan bisa berakhir dengan membunuh hewan. Tim dokter hewan dari TN University of Veterinary & animal sciences di Chennai berhasil menarik masker wajah dari perut anjing Siberian Husky. Video bukan untuk yang lemah hati. Harap tonton dengan bijak”

Anjing itu pasti menelan masker yang mungkin tergeletak karena dibuang sembarangan.

Video viral itu memicu diskusi di internet yang menggarisbawahi masyarakat agar dapat memahami cara membuang masker dengan benar.

Seorang pengguna menulis,: “Ya Tuhan. Tolong buang masker di tempat sampah saja. Jangan buang di sembarangan. “

Yang lain berkomentar,: “Saya salut dengan tim dokter hewan & rekan-rekan mereka untuk perawatan yang tepat. Pesan untuk kita semua bahwa kita harus membuang masker dengan benar, karena perilaku kebiasaan buruk kita dapat menyebabkan kematian kepada kehidupan hewan/burung yang malang….”

“Saya berterima kasih kepada dokter hewan karena telah berhasil menarik masker bekas dari hewan ini. Kesadaran membuang masker bekas harus disebarkan ke masyarakat dan harus diperhatikan oleh Pemerintah untuk pencegahan yang sama di masa depan,” tulis pengguna ketiga.

Buanglah masker wajah, sarung tangan, dll pada tempatnya. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular