Erabaru.net. Sebuah perusahaan berlian bernama Debswana diyakini telah menemukan berlian terbesar ketiga di dunia di Botswana. Perusahaan itu telah menemukan batu berlian seberat 1.098 karat dan menunjukkannya kepada Presiden Mokgweetsi dua minggu setelah menemukannya.

Beratnya hanya sedikit lebih ringan dari berlian terbesar kedua 1.109 karat Lesedi La Rona yang digali oleh Lucara Diamonds yang juga ditemukan di Botswana pada tahun 2015.

 

Setelah menemukan batu ini, Lynette Armstrong, direktur pelaksana Debswana Diamond Company mengatakan,: “Ini adalah berlian terbesar yang ditemukan oleh Debswana dalam sejarahnya selama lebih dari 50 tahun beroperasi. Dari analisis awal kami, ini bisa menjadi kualitas batu permata berkualitas ketiga di dunia.”

Perusahaan Debswana adalah perusahaan gabungan antara pemerintah dan raksasa global diamonds giant De Beers dan hingga 80% dari pendapatan dari penjualan masuk ke kas negara melalui dividen, royalti, dan pajak.

Perusahaan masih belum memutuskan apakah mereka ingin menjual “batu langka dan luar biasa” ini melalui De Beers atau melalui Perusahaan Berlian Okavango milik negara.

Selain itu, perusahaan berencana untuk meningkatkan produksi sebanyak 38% ke tingkat pra-pandemi sebesar 23 juta karat karena pasar berlian global sudah mulai pulih dari pandemi dan pembatasan terkait covid-19 juga sudah mereda.

Nama batu itu masih belum diputuskan.(lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular