Erabaru.net. Di Desa Xiaochuan, Kabupaten Ningshan, Shaanxi, Zhu Congshun, 53 tahun, dan istrinya, Che Lanxiang, 50 tahun, memelihara babi, domba, lebah, dan ikan salamander di pegunungan. Mereka memiliki pendapatan bersih hampir 900.000 yuan (sekitar Rp 2 miliar ) per tahun.

Pasangan ini mulai beternak babi pada tahun 2014, mereka memelihara 5 induk babi dan 40 babi penggemukan. Pada awalnya, harga babi rendah dan keuntungannya tidak seberapa.

Pada tahun 2019 dan 2020, mereka memiliki 6 induk babi, pembiakan sendiri, dan ada lebih dari 150 babi penggemukan dalam setahun. Babi penggemukan dapat menghasilkan dua atau tiga ribu yuan bersih (sekitar Rp 4,4 – 6,7 juta ).

Mereka menggunakan rumput dan biji-bijian untuk memberi makan babi kurang lebih selama 8 bulan.

Mereka mulai beternak domba pada tahun 2017, dan pada tahun 2019 harga babi terus meningkat. Mereka menjual 120 ekor dombanya dan berkonsentrasi pada ternak babi.

Kambing perah yang dibeli dari Shandong dipelihara, dan susu kambing digunakan untuk memberi makan anak babi.

Selama periode ini, harga babi turun tajam, dan biaya pakan seperti biji-bijian meningkat. Mereka berencana untuk mengurangi skala pemeliharaan babi perlahan-lahan dan bersiap untuk memelihara domba mutton.

Mereka memberi makan anak babi dengan susu kambing. Induk babi melahirkan anak babi dalam waktu yang lama, dan mereka tidak memiliki cukup susu untuk memberi makan mereka, jadi mereka memberi makan anak babi dengan susu kambing.

Zhu Congshun memelihara ikan salamander raksasa di bekas tambang yang telah ditinggalkan.

Di samping itu pasangan tesebut juga memelihara lebah madu.

“Lebah tidak membutuhkan apa pun, mereka berkembang biak sendiri dan tidak memakan biaya sama sekali. Di masa depan, kami akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk beternak lebah,” kata Zhu Congshun

Di Pegunungan Qinling kami, ada banyak sumber nektar. Kualitas madu yang dihasilkan lebah madu dari berbagai bunga juga bagus. Biaya budidaya lebah murah. Setelah dilakukan pengelolaan, manfaatnya akan sangat bagus.” (lidya/yn)

Sumber: funnews61

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular