Erabaru.net. Tahun lalu, fotografer satwa liar Dhritiman Mukherjee mengunjungi Suaka Margasatwa Nasional Chambal Gharial di India berharap dapat memotret buaya gharial yang memiliki bentuk unik.

Buaya gharial memiliki moncong panjang dan tipis yang sempurna untuk menangkap ikan dan terancam punah. Dulunya, buaya besar ada banyak di sungai dan gundukan pasir di seluruh Asia Selatan, tetapi sekarang diyakini hanya ada kurang dari 250 buaya dewasa yang tersisa di alam liar.

Untungnya, Mukherjee dapat melihat satu buaya gharial yang mana bukan merupakan buaya Gharial biasa, namun seekor ayah buaya gharial.

“Umumnya, satu jantan kawin dengan delapan atau sembilan betina dan jantan akan menjaga bayi dari semua betina yang dikawinkannya,” kata Mukherjee kepada The Dodo.

Mukherjee menghabiskan hampir seminggu menyaksikan ayah buaya gharial merawat anak-anaknya — dan dengan ratusan bayi yang harus dilindungi, itu bukanlah tugas yang mudah.

Tidak seperti buaya lainnya, yang dengan hati-hati membawa keturunannya ke dalam mulutnya untuk perlindungan, moncong gharial terlalu kecil untuk menampung semua bayinya. Sebaliknya, bayi mereka harus menumpang di punggung ayah mereka agar tetap aman.

Dan tidak ada waktu untuk bersantai jika Anda adalah seorang ayah buaya gharial.

“Dia sangat protektif dan agresif jika seseorang mendekati mereka,” kata Mukherjee. “Pejantan selalu dekat dengan bayi-bayinya selama 24 jam. Terkadang bayi-bayi itu berbaring di punggung ayah mereka.”

Foto-foto Mukherjee tentang keluarga besar bayi gharial dan ayah yang berkomitmen telah memberikan harapan kepada para konservasionis bahwa buaya yang tidak biasa ini mungkin akan muncul kembali. Namun, dengan ancaman kehilangan habitat sungai karena pembendungan dan penangkapan ikan berlebihan yang menyebabkan kekurangan makanan, buaya gharial membutuhkan bantuan sebanyak yang bisa didapatkan.

“Dengan bantuan gambar saya, saya dapat menghubungkan banyak orang secara emosional dan ilmiah dengan alam,” kata Mukherjee. “Saya menyadari [fotografi] dapat menjadi alat yang hebat untuk menciptakan kesadaran — alat yang hebat untuk konservasi.”

Dan ayah buaya pekerja keras ini akhirnya mendapatkan perhatian yang layak dia dapatkan berkat foto dari Mukherjee.(lidya/yn)

Sumber: thedodo

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular