Erabaru.net. Dunia arkeologi sedang merayakan penemuannya. Beberapa hari terakhir ini, sebuah makam ditemukan di wilayah Tingambato, Michoacán, Meksiko, sebuah penemuan yang mungkin menjadi yang paling penting dalam beberapa tahun, menurut ekskavator dan anggota Institut Nasional Antropologi dan Sejarah.

Menurut penyelidik, jasad seorang wanita muda misterius ditemukan dan diduga adalah bagian dari kelas paling elit dan mungkin memiliki pangkat militer. Jasad itu disebut prajurit wanita berusia 1.400 tahun .

Pada tahun 2011, para peneliti INAH menemukan ruang pemakaman di zona arkeologi, yang mereka beri nama Makam II. dan ketika mereka membuka sarkofagus, mereka sangat kagum dengan isinya.

Di dalamnya, selain sisa-sisa kerangka, setidaknya ada 19.000 benda berbeda, yang merupakan bagian dari peralatan pemakamannya yang tak terhitung dan mewah.

Menurut salah satu arkeolog dari Center, José Luis Punzo Díaz, setelah satu dekade bekerja , hasil penyelidikan mengungkapkan pentingnya makan tersebut serta orang yang dimakamkan

“Tempat penemuan makam itu adalah salah satu yang paling penting dalam arkeologi Meksiko barat, khususnya Michoacán,” jelas Punzo Díaz.

Dalam pernyataan yang sama, lembaga tersebut juga menjelaskan bahwa ruang pemakaman itu dibangun pada kedalaman 5 meter, terbuat dari dinding batu yang kuat, dengan langit-langit berkubah dari batu ubin spiral, benar-benar menakjubkan.

Sementara itu, Alejandro Valdés Herrera, yang juga anggota proyek penelitian, menunjukkan bahwa, berdasarkan analisis DNA dan osteologis dan dilihat dari modifikasi gigi dan trauma kepala, usia kronologis wanita berusia antara 16 dan 19 tahun.

Menurut analisis kolagen oleh radiokarbon, wanita itu terkubur sekitar 630 M. Hasil yang sama juga ditunjukan di Laboratorium Spektrometri Massa dengan Akselerator Universitas Otonom Meksiko.

“Meskipun bentuk makam ini adalah hal biasa pada masanya, benda-benda tersebut berkaitan dengan kelompok masyarakat yang tidak biasa, yang membuat kami berpikir bahwa dia adalah bagian atas dari kelas lokal masyarakat,” tambah Valdés Herrera.

Studi lengkap juga menentukan bahwa wanita tersebut menderita penyakit, seperti demam dan malnutrisi tingkat ringan. Namun, kondisi ini tampaknya bukanlah penyebab kematiannya, sehingga penyebab kematiannya yang sebenarnya masih belum diketahui .

Benda-benda yang kemungkinan adalah milik mayat tersebut ditempatkan di tempat tidur yang terbuat dari batu. Di antara benda-benda yang ditemukan, 38 ribu siput menonjol, dilengkapi dengan sepuluh cincin cangkang , satu di setiap jari.

Selain itu, di pergelangan kaki, prajurit itu memakai manik-manik dalam bentuk silinder, dari spesies tripsycha tripsycha, serta lonceng yang terbuat dari siput laut. Prajurit wanita adalah tanda yang jelas dari nilai dan posisi kekuasaan yang diduduki wanita pada 1.400 tahun yang lalu dalam masyarakat. (lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular