Erabaru.net. Hiu pemotong kue adalah spesies hiu kecil seukuran kucing yang berani menyerang pemangsa yang bahkan beberapa kali lebih besar dari ukurannya, menggigit dengan potongan berbentuk kerucut, dan bahkan bagian lunak kapal selam nuklir.

Hiu pemotong kue (Isistius brasiliensis) ditemukan pada awal abad ke-19, oleh naturalis Perancis, tetapi baru pada tahun 1970-an para ilmuwan kelautan menyadari betapa berani dan berbahayanya makhluk laut kecil ini.

Sebelumnya luka berbentuk kerucut dan dalam yang sering didokumentasikan para peneliti pada semua jenis kehidupan laut, dari ikan kecil hingga lumba-lumba dan bahkan hiu putih besar, masih menjadi misteri.

 

 

Baru pada tahun 1971, ketika Everet Jones menemukan potongan kecil daging berbentuk kerucut di perut hiu pemotong, para ilmuwan kelautan mulai menyadari bahwa hiu kecil yang cerdik itu dapat melukai beberapa makhluk laut paling kuat.

Sebelum terobosan Everett Jones ditemukan, orang percaya bahwa luka kerucut mengerikan yang sering ditemukan pada semua jenis kehidupan laut disebabkan oleh kutu parasit, lamprey, infeksi bakteri, atau makhluk misterius lainnya.

Baru setelah mereka mulai mempelajari mulut dan gigi mereka yang seperti gergaji, mereka mengerti betapa berbahayanya gigitan hiu pemotong kue.

Rupanya, lidah hiu yang bergerak dan bibir besar mereka memungkinkan mereka untuk menempel pada mangsanya dengan membentuk ruang hampa di permukaan yang halus.

Mereka kemudian menancapkan gigi tajam mereka, menggunakan gerakan memutar, menarik potongan daging, meninggalkan kawah berdarah. Ini juga bukan luka ringan, karena luka paling parah yang pernah tercatat memiliki lebar 5 cm dan kedalaman 7 cm

Sedikit yang mengetahui tentang hiu pemotong kue, karena mereka (untungnya juga) adalah makhluk laut dalam.

Mereka menghabiskan siang hari di kedalaman hingga 3.500 meter, tetapi akan mendekati permukaan pada malam hari, karena mangsa jarang masuk ke wilayah mereka.

Predator kecil ini memiliki bagian bawah bercahaya yang mengeluarkan cahaya terang yang jelas, kecuali kerah gelap di sekitar leher mereka.

Warna itu menyerupai siluet ikan yang bergoyang jika dilihat dari bawah, sedangkan cahaya kehijauannya cocok dengan cahaya bulan. Ketika pemangsa lain masuk ke jebakan hiu dan mendekatinya, pemangsa itu justru berubah menjadi mangsa hiu pemotong kue.

Mekanisme berburu hiu pemotong kue tidak diketahui, jadi hal di atas hanya dianggap sebagai spekulasi oleh ahli biologi kelautan, tetapi satu hal yang pasti, hiu seukuran kucing ini bukan lelucon.

Luka seperti kawah yang hanya bisa disebabkan oleh gigitan seperti gergaji pemotong kue laut telah ditemukan pada setidaknya 48 spesies paus atau lumba-lumba, termasuk paus pembunuh, dan pada banyak spesies hiu, anjing laut, ikan pari, tuna dan ikan todak.

Hiu pemotong kue bahkan diketahui menyerang kapal selam nuklir, terkadang mereka juga dapat menyebabkan kerusakan serius.

Menurut Elasmo-Research, pada tahun 1970-an hiu pemotong kue menyerang bagian kapal selam yang lebih lunak, seperti kabel yang terbuka dan kubah sonar karet, hal tersebut terkadang menyebabkan kerusakan dan membutakan kapal hingga ke titik di mana mereka harus kembali ke pangkalan untuk melakukan perbaikan.

Hiu kecil seperti itu adalah bagian dari alasan mengapa bagian kapal selam nuklir yang lebih lunak dilengkapi dengan penutup fiberglass.

Dilaporkan bahwa dalam beberapa kasus yang parah, gigitan hiu pemotong kue sangat parah sehingga menyebabkan minyak di dalam peralatan sonar bocor, membuatnya tidak berguna.

Orang-orang yang menjelajah di perairan dalam di malam hari juga pernah diserang oleh hiu pemotong kue.

Pada tahun 2009, seorang pria yang mencoba berenang sejauh 30 mil antara Hawaii dan Maui pada malam hari mendapat gigitan di dadanya oleh hiu pemotong kue. Pada tahun 2019, dua perenang yang mengambil bagian dalam tantangan Oceans Seven menderita laserasi besar di perut, kaki, atau bahu mereka. Ada juga beberapa catatan mayat yang ditemukan dari air dengan hasil otopsi yang meliputi gigitan hiu pemotong kue

Jadi, jika Anda tidak ingin sepotong daging Anda dipotong dari tubuh Anda oleh makhluk kecil ini, pastikan untuk menjauh dari perairan dalam di daerah yang diketahui dihuni oleh hiu pemotong kue ini. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular