Erabaru.net. Di kaki Pegunungan Kaukasus di barat laut Azerbaijan, terdapat Parigala, salah satu misteri arkeologi paling mengesankan di dunia. Diukir di permukaan tebing batu yang hampir miring, struktur yang berusia berabad-abad itu telah menjadi misteri yang hampir tidak diketahui oleh siapapun.

Gagasan bahwa situs luar biasa seperti Parigala (harfiah ‘Kastil Peri’ dalam bahasa Azerbaijan) adalah salah satu harta arkeologi Azerbaijan yang kurang dikenal sebenarnya agak membingungkan. Itu terkait dengan industri pariwisata negara yang masih terbelakang, dan fakta bahwa Anda harus menempuh jalan yang sulit untuk mencapai Parigala.

Kastil peri misterius Azerbaijan terdiri dari fasad batu kapur yang menutupi pintu masuk ke tempat tinggal gua yang terdiri dari tiga kamar. Menurut beberapa sumber informasi di Parigala, karena sangat sedikit orang yang benar-benar berani melakukan pendakian untuk menjelajahi tempat itu sendiri.

Menurut sebuah artikel tahun 2005 di Azerbaijan International, orang terakhir yang diketahui telah memanjat dinding batu menuju Parigala adalah seorang pria lokal bernama Mammad Darudov, yang telah berhasil melakukannya pada tahun 1970-an.

Meskipun juara gulat Azerbaijan dua kali itu sudah berusaha membuat pendakian menjadi lebih mudah dengan mendirikan tangga darurat dan menempatkan batang pohon tipis di pangkalan agar lebih mudah dijangkau.

Satu hal yang pasti adalah tidak ada yang benar-benar tahu siapa atau mengapa Kastil Peri itu dibangun. Penjelasan paling populer yaitu legenda yang mengilhami nama situs tersebut, Kastil Peri.

Kembali ke kisah penakluk Mongol Genghis Khan, cerita rakyat yang berbicara tentang penguasa lokal yang putrinya dipilih oleh Genghis Khan untuk menjadi salah satu istrinya. Ketika Jenghis bertanya apakah ada yang lebih cantik dari gadis muda itu, gadis muda itu memberi tahu pemimpin Mongol tentang saudara perempuannya, Pari.

Mendengar bahwa Genghis Khan akan datang untuk menambahkannya ke istananya, Pari menyuruh pekerja lokal membangun sebuah kastil untuknya di atas tebing, di mana orang-orang Mongol tidak dapat menjangkaunya.

Dia berlindung di sana, tetapi setelah mendengar bahwa tentara Mongol telah berkemah di kaki tebing dan ia akan segera ditangkap, Pari melompat dari kastil menuju kematiannya. Ini adalah kisah familiar bagi warga sekitar, tetapi sayangnya itu satu-satunya informasi yang tersedia tentang sejarah Parigala.

Satu hal yang pasti, siapapun yang membangun Parigala menginginkan privasi dan keamanan. Bahkan saat ini, dengan semua peralatan pendakian gunung yang tersedia, untuk dapat mencapai Kastil Peri adalah tugas yang menakutkan bagi siapa pun.

Setiap tentara yang mencoba untuk mendaki tempat ini akan berhenti ditengah jalan, karena pendakian yang curam dapat menimbulkan tantangan yang signifikan, belum lagi para penguasa situs di atas mampu mencegah siapa pun yang mendekat. Tapi apakah tempat ini pernah ada yang mempertahankan atau menaklukkannya tetap menjadi misteri.

Parigala duduk di puncak tangga tertutup yang dibangun dari batu bata kapur kasar, disemen bersama dengan mortar yang sangat kuat yang melekat pada gunung itu sendiri.

Bagian atas tangga tampak sudah runtuh, yang akan membuat usaha mencapai kastil menjadi lebih berbahaya dari sebelumnya.

Menurut jurnalis Ronnie Gallagher, mendaki melewati titik ini bukan untuk yang lemah hati karena membutuhkan kelincahan dan keterampilan mendaki gunung yang luar biasa.

Menurut Mammad Darudov, salah satu dari sedikit orang yang berhasil melihat bagian dalam Parigala dalam beberapa dekade terakhir mengatakan bahwa tempat itu terdiri dari tiga kamar, masing-masing dengan jendelanya sendiri, dan terhubung ke kastil utama. Jalan setapak berdinding adalah struktur kedua dengan dua kamar tambahan.

Berbicara tentang Parigala yang diperkirakan berasal dari periode Kaukasia Albania (antara abad ke-4 dan ke-8), dia telah melewati waktu dan unsur-unsur dengan sangat baik. Misteri asal-usul dan tujuannya mungkin tidak akan pernah terungkap, tetapi itulah bagian dari pesonanya sekarang. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular