Erabaru.net. Broad Group, perusahaan manufaktur di Tiongkok, baru-baru ini memamerkan Living Building yang inovatif, tipe baru dari sistem bangunan modular, dengan mendirikan gedung apartemen 10 lantai di Kota Changsha hanya dalam kurun waktu 28 jam dan 45 menit.

Konsep Living Building yang dikembangkan oleh Broad Group terdengar seperti benar-benar dapat merevolusi industri konstruksi, dan prestasi perusahaan Tiongkok yang mendirikan gedung 10 lantai hanya dalam waktu sehari dimaksudkan untuk menekankan betapa hemat waktunya dengan sistem barunya.

Secara teknis, bangunan itu baru saja dirakit di lokasi di Changsha, dengan tiga derek dan tenaga kerja yang besar, karena semua komponen dibangun di pabrik Broad Group setempat dan diangkut dengan truk. Tapi itulah salah satu fitur dari sistem Living Building, terdiri dari modul ukuran wadah yang sudah jadi dan hanya perlu disatukan bersama di lokasi “pembuatan” serta menghubungkan listrik dan pipa ledengnya.

Inovasi sejati di balik produk terbaru Broad Group adalah konsep membangun rumah seperti mobil. Semuanya diproduksi dan dirakit di pabrik canggih di Changsha, dan kemudian diangkut ke lokasi perakitan yang diinginkan.

Dibangun dari pelat baja Bcore milik perusahaan di Tiongkok, komponen modular dapat dilipat menjadi wadah standar setinggi 12 meter yang dapat dengan mudah diangkut melalui darat dan laut, sama seperti wadah biasa.

Setelah kontainer tiba di lokasi yang diinginkan, yang diperlukan hanyalah proses instalasi “ sederhana” yang melibatkan pengencangan modul bersama-sama untuk membentuk bangunan, dan menghubungkan listrik dan pipa ledeng. Kedengarannya terlalu sederhana untuk menjadi kenyataan, itulah mengapa Broad Group melakukan demonstrasi baru-baru ini.

Menonton video bagaimana Living Building 10 lantai dibangun dan menjadi layak huni hanya dalam waktu satu hari cukup mengesankan, tetapi kecepatan perakitannya hanyalah salah satu dari banyak kualitas yang dibanggakan oleh Broad Group dalam presentasinya.

Menurut perusahaan, struktur baja tahan karat 10 kali lebih ringan dan 100 kali lebih kuat dari bangunan konvensional, dan tahan terhadap “gempa bumi besar dan topan”. Ini juga jauh lebih murah untuk dibuat daripada struktur tradisional dan bangunan baja karbon, sebagian besar juga berkat proses produksi yang efisien.

Berkat insulasi setebal 22 cm, serta jendela kaca 3 atau 4 panel, dan sistem pemulihan panas yang cerdas, biaya energi dari Living Building dilaporkan 1/5 hingga 1/10 dari bangunan tradisional.

Broad Group mengklaim bahwa sistem barunya disebut Living Building karena keserbagunaannya. Bangunan ini dapat digunakan untuk struktur perumahan mewah dan apartemen, serta gedung pencakar langit setinggi 200 lantai.

Berkat desain modular, bangunan dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi baru dengan mudah, dan posisi serta jumlah dinding, pintu, jendela, dan balkon dapat diubah setelah selesai.

Terakhir, Broad Group mengklaim bahwa struktur baja tahan karat dari Living Building-nya lebih dari 30 kali lebih tahan korosi daripada baja karbon dan memiliki masa pakai lebih dari 1.000 tahun.

Kita harus menunggu dan melihat apakah konsep Living Building akan lepas landas, tetapi tidak dapat disangkal bahwa fakta membangun gedung 10 lantai hanya dalam waktu sehari sangat menarik. Memang tidak sekeren rumah mungil yang bisa dipasang hanya dalam waktu 3 jam, tapi tetap saja… ini benar-benar menakjubkan. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular