Erabaru.net. Anjing pemandu adalah anjing yang bertugas untuk menemani orang buta setiap hari. Basanya, agar tidak mengganggu orang buta, kebanyakan anjing pemandu tidak menggonggong. Bahkan jika ekornya terinjak, mereka hanya akan diam tidak bereaksi. Selain itu, anjing pemandu juga sangat penting dan langka.

Hal yang paling menyedihkan bagi anjing pemandu bukanlah kerja kerasnya, tetapi anjing pemandu harus menghadapi perpisahan sepanjang hidupnya. Anjing pemandu harus menghadapi perpisahan setidaknya 3 kali dalam hidupnya.

Pemisahan pertama terjadi ketika anjing pemandu berumur satu tahun

Anjing pemandu akan diadopsi oleh tempat pelatihan setelah mereka lahir pada usia 40 hari. Setelah diadopsi, mereka akan memasuki kehidupan masyarakat dan hidup dalam keluarga individu sampai mereka berusia satu tahun. Setelah berumur satu tahun, pemilik pertama harus mengembalikan anjing pemandu ke tempat pelatihan.

Tujuannya adalah agar memungkinkan anjing pemandu untuk sepenuhnya terhubung dengan masyarakat, untuk menjadi akrab dengan masyarakat dan keluarga, dan untuk mempersiapkan anjing pemandu masa depan.

Pemisahan kedua dan ketiga

Setelah kembali ke tempat pelatihan, anjing pemandu akan memiliki pemilik kedua. Pelatih akan melatih mereka untuk menjadi pemandu para tunanetra dalam 2 tahun ke depan sampai anjing berhasil dan lulus.

Pada tahap ini, anjing pemandu akan berpisah dari pelatih dan masuk ke dalam keluarga tunanetra. Ini adalah kali kedua mereka menghadapi perpisahan.

Mendampingi penyandang tunanetra hingga usia 8-10 tahun. Saat mereka sudah mencapai usia tersebut, anjing pemandu sudah tidak gesit lagi dan fungsi tubuh sudah menurun, mereka akan pensiun. Ini adalah ketiga kalinya mereka menghadapi perpisahan . Setelah berpisah dari tunanetra, mereka akan kembali ke tempat pelatihan dan menunggu untuk diadopsi.

Bagi manusia, 11 tahun mungkin hanya sepersepuluh dari waktu dalam hidupnya, tetapi 10 tahun adalah seluruh kehidupan anjing.

Apakah Anda pernah membayangkan, jiga anjing pemandu melihat pemiliknya lagi setelah 10 tahun, akankah dia mengenali manusia yang telah mencintai, merawat, dan menemaninya selama beberapa waktu ?

Oliver adalah anjing pemandu dari Jepang. Menurut praktik setempat, anjing pemandu akan pensiun setelah dia berusia lebih dari 11 tahun, dan dia akan dibebaskan dari tanggung jawab berat yang dia pikul dalam sebagian besar hidupnya, dan akan menghabiskan sisa hidupnya sebagai anjing biasa, di hari-hari berikutnya , dia tinggal menikmati hari tuanya dengan baik.

Keluarga asuh yang telah merawat Oliver sebelum dia berusia 1 tahun mengetahui berita itu, keluarga Sato pun memutuskan untuk membawa pulang Oliver dan membiarkannya kembali ke keluarga mereka.

Untuk menyambut kepulangan Oliver, keluarga Sato juga mengeluarkan sarung tangan mereka sendiri yang telah disimpan selama 10 tahun. Itu adalah mainan yang disukai Oliver ketika dia masih kecil. tidak ada yang tahu apakah itu akan tetap akan menjadi mainan favoritnya seperti di masa lalu.

Hanya saja, bagaimanapun, Oliver baru berusia 1 tahun ketika dia meninggalkan keluarga Sato. Setelah 10 tahun melayani orang buta, dia tidak pernah melihat pemiliknya lagi … Pada saat itu, setelah bertahun-tahun, akankah Oliver masih mengenali keluarga Sato ?

Pada hari Olivier akan dikirim ke keluarga Sato, pelatih anjing pemandu secara pribadi mengantar anjing pemandu tersebut.

Dalam perjalanan, pelatih juga sangat khawatir, karena 10 tahun telah berlalu, orang bisa melupakan banyak hal, apalagi seekor anjing.

Namun yang mengejutkan adalah ketika anjing pemandu kembali ke keluarga asuh lagi setelah 10 tahun berpisah, dia masih ingat ibu yang membesarkannya.

Setelah turun dari mobil, ketika anjing pemandu melihat pemilik pertamanya, dia kehilangan kendali emosionalnya. Setelah terlepas dari tali, dia langsung berlari ke pelukan pemilik pertama.

Setelah mengantar anjing pemandu, pelatih siap untuk pergi. Dia dengan sungguh-sungguh mengucapkan selamat tinggal kepada anjing pemandu dan pergi. Pada saat ini, anjing pemandu tampaknya menyadari bahwa ini adalah perpisahan lain.

Tapi dia memilih untuk tinggal dan diam-diam menyaksikan pelatih pergi. Olivier yang sudah tua tidak bisa mengalami perpisahan lagi.

Yang mengejutkan pelatihnya adalah bahkan setelah 10 tahun, anjing itu tidak hanya mengingat pemilik pertama, tetapi dia juga mengingat mainan favoritnya!

Keluarga Sato juga sangat senang melihat anjing pemandu yang mengambil mainan miliknya.

10 tahun, ini adalah angka yang berat bagi seekor anjing, karena rata-rata umur setiap anjing hanya 12 tahun, jadi umur seekor anjing hanya 10 tahun.

Mungkin dalam 10 tahun ini, dia sudah merindukan pemilik pertamanya setiap hari, dan merindukan sarung tangan bisbol yang dibeli pemiliknya untuk dirinya. Untungnya, setelah melalui banyak perpisahan, ia kembali ke pemilik pertama.

Untuk anjing pemandu ini, dia hanyalah seorang anak yang telah bekerja di luar selama 10 tahun, dan sekarang dia kembali ke rumah, melepaskan semua tanggung jawab, dan hanya ingin menjalani sisa hidupnya.(lidya/yn)

Sumber:mystyle

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular