Erabaru.net. Sepasang suami istri dari Madhya Pradesh, India, secara tidak sengaja menanam beberapa mangga termahal di dunia. Sekarang mereka memiliki pohon mangga Miyazaki yang harganya sekitar 270.000 rupee (sekitar Rp 52 juta) per kilogram, menurut sebuah laporan India Today.

Sebuah laporan oleh Vice menulis bahwa semuanya dimulai empat tahun lalu, ketika petani Sankalp Singh Parihar melakukan perjalanan ke Chennai, bagian selatan negara itu, untuk membeli beberapa benih kelapa hibrida.

Sekarang, di sinilah ceritanya akan tampak sedikit mirip dengan kisah Jack dan Pohon Kacang Raksasa. yang bedanya adalah alih-alih membeli biji kacang, dia bertemu seseorang yang menawarkan mereka untuk membeli pohon mangga yang harganya 2.500 rupee (sekitar Rp 488 ribu) di dalam kereta.

Beberapa bulan kemudian setelah mereka menanam pohon mangga itu, dia melihat bahwa pohon mangga tersebut sangat berbeda dari jenis mangga lainnya yang lebih umum. Mangga ini memiliki kulit luar berwarna merah yang terlihat indah.

“Saya tidak tahu jenis mangga apa itu, tapi saya menamakannya Damini dengan nama ibu saya dan menanamnya,” kata Parihar.

Ternyata, mangga tersebut adalah mangga Miyazaki yang berasal dari Jepang. Mangga tersebut dianggap sebagai salah satu mangga paling mahal di dunia. Juga dikenal sebagai “Telur Matahari”, Miyazaki jarang ditanam di India dan dianggap sebagai hadiah mewah di Jepang, yang hanya dapat ditemukan di pelelangan khusus, tulis laporan Vice.

Berita tentang mangga Miyazaki yang langka menyebar ke seluruh kota, menarik pembeli potensial yang merupakan pengusaha. Pasangan itu mengatakan bahwa tahun lalu, pencuri masuk ke kebun mereka dan mencuri 14 mangga. Setelah kejadian itu, mereka memutuskan untuk menyewa tiga penjaga keamanan dan sembilan anjing untuk melindungi pohon langka itu, menurut laporan Times of India.

Sejauh ini, pasangan tersebut telah menanam sekitar 52 mangga, kata Vice, tetapi belum menjual satu pun.

“Ini sudah seperti anak-anak kami dan fokus kami saat ini adalah terus mengasuh mereka dan menggunakan biji buahnya untuk menanam yang baru,” jelas Parihar.

Menurut The Times of India, dia telah menanam 150 pohon mangga Miyazaki di kebunnya, tetapi hanya empat yang saat ini telah menghasilkan buah.

Parihar juga mengatakan kepada Vice bahwa ke depannya dia bertujuan untuk membuat mangga termahal di dunia lebih mudah diakses oleh petani India.

“Visi saya adalah setiap rumah tangga India harus mampu membeli mangga ini,” kata Parihar. “Di Jepang, itu mahal karena ditanam di lingkungan yang mahal. Di India, kami dapat menumbuhkannya secara alami dan mengurangi pengeluaran.” (lidya/yn)

Sumber: worldofbuzz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular