Erabaru.net. Banyak orangtua mengajarkan sopan santun pada anaknya sejak masih kecil, seperti menyapa ketika bertemu seseorang, ini juga terjadi di Jepang. Namun, baru-baru ini, sekelompok siswa di Jepang secara tidak sengaja mengucapkan selamat pagi kepada beruang liar, dan membuat beruang itu terlihat bingung dan dengan cepat melarikan diri ke hutan.

Menurut media Jepang, Yamagata Shimbun, insiden itu terjadi di Kota Oguni, Prefektur Yamagata , Jepang, pada pagi hari tanggal 21 Juni. Saat itu, 5 siswa dari SD Kanomizu sedang berjalan kaki ke sekolah bersama-sama.

Sekitar pukul 07:45 pagi itu, mereka melihat “sosok manusia” sekitar 180 meter dari sekolah. Berdasarkan kesopanan, siswa tertua memimpin untuk menyapa: ” Selamat pagi !”

Tetapi setelah melihat lebih dekat, mereka menemukan bahwa itu bukan manusia, melainkan adalah beruang liar. Setelah itu, beruang tersebut terlihat bingung dan melarikan diri ke sisi selatan hutan.

Kelompok siswa ini juga ketakutan, dan buru-buru berbalik untuk pulang, dan akhirnya pergi ke sekolah bersama orangtuanya.

Salah satu gadis juga melaporkan ke polisi melalui orangtua mereka bahwa dia telah melihat seekor beruang dalam perjalanan ke sekolah. Polisi pun mulai berpatroli di kawasan itu pada jam sekolah.

Dinas Pendidikan Kota Oguni mengatakan bahwa di dekat SD itu memang sering ada beruang. Beberapa orangtua telah meminta bus sekolah untuk beroperasi untuk melindungi keselamatan siswa.

Pada tanggal 18 Juni, seorang penduduk lokal berusia 60-an melihat seekor beruang yang sedang memakan rumput.

Pemerintah daerah Yamagata mengatakan, beruang hitam Asia memang banyak ditemukan di daerah itu. Dan untuk membuat manusia dapat hidup berdampingan dengan alam dan beruang hitam Asia, penting untuk menemukan cara untuk mengurangi perselisihan antara manusia dan beruang.

Pemerintah menyarankan agar orang-orang menghindari bertemu dengan beruang untuk menghindari bahaya. Misalnya, cobalah untuk tidak pergi ke hutan belantara yang tidak berpenghuni, dan jangan pergi ke tempat yang sering dikunjungi oleh beruang.

Selain itu, jangan panik jika Anda bertemu beruang. Anda harus menjaga pernapasan dan suara Anda, dan juga mengamati perilaku dan arah pergerakan beruang, setelah itu cobalah untuk pergi perlahan ke arah yang berlawanan.

Jika Anda bertemu beruang dari jarak dekat, kemungkinan besar Anda akan diserang, terutama beruang betina yang sedang bersama anaknya.

Dikatakan bahwa beruang hitam Asia akan segera pergi setelah menyerang seseorang. Dalam banyak kasus, wajah dan kepala orang sering menjadi sasaran serangan beruang.

Oleh karena itu, jika terjadi serangan, Anda harus menutupi wajah dan kepala dengan tangan dan segera berbaring untuk mengurangi cedera serius atau fatal.(lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular