Erabaru.net. Di Provinsi Utrecht, Belanda, adalah tempat di mana danau yang tampak aneh dan seperti diukir dengan pisau raksasa, yang terdengar tidak masuk akal, tetapi sebenarnya cukup akurat.

Vinkeveense Plassen atau Danau Vinkeveen terdiri dari badan air yang besar dan pulau-pulau pasir seperti jalur aneh yang dihiasi dengan rumah-rumah, kayu dan pepohonan.

Bentuk daratan panjang yang membentang jauh ke dalam air inilah yang akan menarik perhatian Anda pertama kali, terutama saat melihat danau dari atas.

Mereka tidak terlihat seperti danau mana pun yang pernah Anda lihat, tetapi sekali lagi, ini bukan danau biasa. Vinkeveense Plassen mungkin merupakan daerah liburan yang populer saat ini walau awalnya tempat tersebut digunakan sebagai tempat penggalian gambut, dan sebidang tanah panjang itu digunakan untuk mengeringkan gambut.

Gambut sphagnum selalu menjadi sumber daya yang berharga di Belanda, dan antara tahun 1857 dan 1975, Vinkeveense telah menjadi salah satu sumber utama Utrecht. Dari bulan Maret hingga Juni, gambut sphagnum dikeruk dan dibiarkan mengering di pulau-pulau memanjang. Pada akhir September, gambut yang benar-benar kering diangkut dan dikirim ke seluruh kota di Belanda.

Dengan minyak bumi yang sekarang sudah menjadi bahan bakar paling populer di dunia, ekstraksi gambut di Vinkeveense Plassen dihentikan pada pertengahan 1970-an. Pasir dibawa dari Noordplas untuk memperkuat jalur tanah di danau, dan juga membuat penghalang tanah untuk melindungi daratan dangkal.

Saat ini, 80 persen tanah di Vinkeveense Plassen dimiliki oleh perorangan. Beberapa memiliki rumah permanen di sini dan yang lain hanya berlibur, ada juga orang yang menyewakan properti mereka kepada orang lain.

Sayangnya, dalam empat dekade terakhir, banyak bangunan yang dibangun di sini adalah ilegal yang telah menjadi topik kontroversial di Belanda. Beberapa penduduk setempat mengeluh tentang rumah ilegal yang dibangun dan banyak orang yang mengabaikan peraturan masyarakat, seperti larangan untuk melakukan balap perahu cepat di danau.

Terlepas dari masalahnya, tidak dapat disangkal bahwa Vinkeveense Plassen memiliki keindahan dan daya tarik yang unik.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular