Erabaru.net. Sifat manusia ada yang baik dan ada yang buruk, masing-masing memiliki karakternya sendiri-sendiri. Faktanya, apakah sifat manusia itu baik atau buruk tidak dapat disimpulkan. Pada dasarnya adalah, bahwa kodrat manusia adalah kebaikan dan keindahan, dan nilai keberadaan manusia adalah pengejaran kebaikan dan keindahan tanpa batas.

Di sisi kita, hal-hal yang menyentuh dapat terjadi setiap hari. Mungkin hanya hal sepele. Mungkin juga hanya sesaat dan kebetulan.

Pada tanggal 23 Juni, sebuah adegan mengharukan terjadi di sebuah minimarket.

Pada hari itu, Xiao Xu (nama samaran), pemilik mini market, sedang berada di tokonya, banyak pelanggan yang keluar masuk tokonya, jadi dia relatif sibuk.

Pada saat itu, ada seorang nenek tua yang memasuki tokonya, dia datang sendiri ke toko. Xiao Xu pun tidak bertanya kepada nenek apa yang dia inginkan.

Nenek tua itu berbalik dan tidak mengambil apa pun, pergi ke kasir dan bertanya pada Xiao Xu apakah dia punya es krim kacang hijau.

Mungkin karena cuaca panas, nenek ingin menikmati sajian yang dingin. Jadi, Xiao Xu mengambilkan es kacang hijau untuknya. Ketika dia akan membayar, wanita tua itu menyentuh sakunya dan menemukan bahwa dia lupa membawa uang.

Dia seketika tampak sangat malu dan hendak meninggalkan toko, namun Xiao Xu memberi tahu nenek tua itu untuk membawa pulang esnya.

Nenek tua itu menolak dan bersikeras tidak menerimanya, tetapi Xiao Xu terus menyodorkan es krim itu ke tangan nenek agar dia memegangnya.

Nenek itu akhirnya tidak dapat menolaknya, jadi dia pun menerimanya, lalu berterima kasih padanya dan pergi.

Xiao Xu mengatakan kepada nenek bahwa dia tidak perlu membayar. Apa yang tidak dia duga adalah setengah jam kemudian, seorang pria tua masuk ke toko untuk mencari pemiliknya. Xiao Xu tampak bingung dan bertanya pada pria itu.

Pria itu mengatakan bahwa ibunya baru saja membeli es dan belum membayar, jadi dia datang ke toko untuk membayar.

Mengetahui tujuan pria itu, Xiao Xu dengan cepat menolak.

“Lupakan saja, saya memang ingin memberikannya untuk nenek, saya tidak akan menerima bayaran ini,” kata Xiao Xu pada pria itu

Tetap putra nenek itu bersikeras untuk membayarnya, terlepas dari apakah Xiao Xu menginginkannya atau tidak, dia hanya meletakan uang itu ke meja. Dia berbalik dan langsung pergi.

Ternyata, nenek yang membeli es krim itu telah berusia lebih dari 90 tahun, dan pria tua itu adalah putranya yang sudah berusia 70 tahun.

Xiao Xu mengatakan ketika dia melihat pria tua itu datang untuk memberikan uang, dia sangat tersentuh.

“Tidak mudah bagi seorang pria tua di usianya untuk berjalan kembali, apalagi untuk membayar es krim yang tidak seberapa. Saya sudah mengatakan bahwa dia tidak perlu membayarnya. Samun, sikapnya benar-benar mencerminkan karakter dirinya,” ujar Xiao Xu.

Xiao Xu mengatakan bahwa orang tidak dapat menilai seseorang dari penampilan mereka. Meskipun nenek dan putranya sangat sederhana, mereka telah melakukan sesuatu yang sangat menyentuh, sehingga semua orang dapat merasakannya dunia ini masih penuh dengan orang baik.

Setelah kejadian itu, netizen memuji perilaku pemilik toko.

“Orang tua seperti itu pantas kita hormati, dan sifat murah hati pemilik toko juga patut dicontoh.”

“Meskipun itu hanya sebuah es, perilaku nenek dan putranya sangat menghangatkan hati! “

Karakter seseorang dapat dilihat dari sikap seseorang. Pemilik toko memberikan es krim kepada nenek itu, yang mana itu sangat menyentuh. Orang tua itu meminta anaknya datang untuk membayarnya. Meskipun ini adalah hal yang sepele, tetapi yang utama adalah kebaikan mereka, dan kebaikan timbal balik inilah yang paling berharga.(lidya/yn)

Sumber: haowenshare

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular