Erabaru.net. Xavier Bouget, seorang pria lansia berusia 80 tahun dari wilayah Brittany Perancis, dan Blanchon, seekor merpati putih yang menggemaskan, telah berteman baik selama dua tahun, sejak dia menyelamatkan burung tersebut dari seekor kucing yang hendak menjadikannya menu makan siangnya.

Xavier pertama kali bertemu temannya itu dua tahun lalu saat dia berjalan pulang ke rumahnya di Kota Gommenec’h. Dia melihat anak burung merpati kecil yang masih belum berbulu ini jatuh dari sarangnya dan sedang berusaha untuk melarikan diri dari seekor kucing yang lapar.

Pada awalnya dia tidak berpikir untuk membantunya, tetapi ketika dia sampai di rumah dan memberitahu istrinya, Marie-Françoise, dia bertanya mengapa dia tidak membawanya. Jadi dia kembali untuk membawa anak burung merpati itu yang secara ajaib berhasil melarikan diri dari pemangsa yang kelaparan sampai dia kembali.

Xavier pulang dengan burung lemah di tangannya, tidak tahu bahwa burung itu akan segera menjadi teman terbaik dan terdekatnya.

“Selama satu setengah bulan saya memberinya makan dengan jarum suntik lima kali sehari,” kenang pria itu, yang pernah menjadi pemburu dan telah lama melepaskan senapannya.

Xavier mengatakan bahwa dia tidak tahu apakah Blanchon berterima kasih kepadanya karena telah menyelamatkan hidupnya, tetapi satu yang dia yakini adalah bahwa dia tetap di sampingnya bukan hanya untuk mendapatkan makanan.

Blanchon dapat menemukan banyak makanan di sekitar Gommenec’h, dan dia selalu bebas untuk datang dan pergi sesukanya. Burung itu terlihat menikmati kebersamaannya dengan Xavier.

Pemandangan Xavier Bouget mengendarai sepedanya dengan Blanchon bertengger di bahu atau di kepalanya telah menjadi salah satu yang populer di sekitar Gommenec’h, tetapi kenyataannya mereka berdua tidak dapat dipisahkan.

Ketika dia sibuk di bengkelnya di halaman belakang rumahnya, Blanchon selalu berada di sisinya, mematuk peralatan dan paku, Blanchon bersandar di bahunya ketika dia menyirami taman, dan ketika dia di dalam rumah, Blanchon masuk melalui jendela yang terbuka dan terbang menuju lemari.

Sejak persahabatannya dengan Blanchon menjadi topik berita nasional, kru televisi mulai mengunjunginya secara teratur. Xavier sering ditanya bagaimana dia berhasil menjinakkan merpati itu. Tapi dia tidak pernah sekalipun mencoba menjinakkan sahabatnya. Hubungan mereka adalah hubungan yang dibangun dengan rasa saling percaya, tidak lebih.

“Saya tidak pernah mencoba menjinakkannya,” kata Xavier kepada Nature d’ici et d’ailleurs. “Ketika saya memanggilnya, dia datang kepada saya. Ini adalah hubungan kepercayaan.” (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular