Erabaru.net. Hari Keamanan Pangan Sedunia, yang diperingati pada tanggal 7 Juni setiap tahun, berupaya mendidik semua pihak, mulai dari makanan di pertanian hingga ke meja makan, untuk mengambil tindakan guna mencegah, mendeteksi, dan mengelola risiko bawaan makanan.

Hari ini Era Baru akan berbicara tentang makanan yang tidak boleh disimpan di lemari es. Meskipun menyimpan makanan di lemari es tampaknya merupakan cara yang jelas untuk menjaganya tetap segar, tetapi tidak semua makanan memerlukan pendinginan. Bahkan, untuk beberapa makanan, itu bisa menjadi yang terburuk. Udara dingin dari lemari es dapat memiliki efek negatif pada nilai gizi beberapa buah yang sehat.

Berikut adalah 21 makanan yang tidak boleh Anda simpan di lemari es, dan mengapa sebaiknya dibiarkan di suhu ruangan:

1. Tomat

Jika tomat disimpan di lemari es, rasanya yang kaya dan tajam akan hilang. Untuk mencegahnya menjadi hambar dan teksturnya seperti tepung, tomat harus dijauhkan dari lemari es.

2. Pisang

Mereka membutuhkan suhu sedang untuk bisa matang. Namun, Anda dapat menaruhnya di lemari es jika Anda ingin membuatnya tetap hijau. Jadi, lebih baik menyimpannya di udara terbuka di tempat yang kering dan dengan membungkus bagian ekor dengan plastik untuk membuat pisang lebih bertahan lama.

3. Alpukat

Hampir semua alpukat memerlukan proses pematangan setelah pembelian. Menyimpannya di lemari es akan memperlambat proses ini. Alpukat akan tetap enak dan matang secara alami jika disimpan di tempat yang kering di atas meja.

4. Semangka

Biasanya orang yang mengonsumsi semangka akan memotongnya dan menaruh sisanya di lemari es, selama persiapan makanan misalnya. Terlalu lama di lemari es, itu akan menghilangkan antioksidannya.

5. Terong

Terong adalah sayuran yang peka terhadap suhu, dan waktu yang lama di lemari es bisa menjadi berbahaya. Suhu di bawah 10°C dapat merusak tekstur serta rasa terong. Mereka harus disimpan pada suhu kamar dan tidak dicampurkan dengan buah dan sayuran lain.

6. Madu

Madu dapat disimpan selama bertahun-tahun berkat kandungan gula di dalamnya, namun menempatkannya di lemari es hanya akan membuatnya mengeras dan membuatnya tidak bisa dimakan. Hal yang hebat tentang madu asli adalah mereka dapat disimpan tanpa batas waktu dan tidak perlu didinginkan.

7. Bawang putih

Bawang putih tidak dapat disimpan di dalam lemari es; dingin akan membuatnya berkecambah dan membuatnya tidak dapat dicerna seperti karet dan juga membuatnya berjamur, bahkan mungkin akan mulai bertunas. Ini adalah makanan yang membutuhkan sirkulasi udara. Bawang putih akan tetap segar selama lebih dari sebulan di ruang terbuka.

8. Cokelat

Ketika kita melihat lapisan putih pada coklat setelah disimpan di lemari es, kita sering berpikir bahwa itu adalah jamur. Faktanya, itu adalah lemak yang terkandung dalam coklat secara alami! Oleh karena itu tidak akan menimbulkan resiko apa pun bagi kesehatan kita, tetapi rasanya akan berubah jika Anda menyimpannya di lemari es. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menyimpannya di tempat persembunyian kecil untuknya di tempat kering yang terlindung dari sinar cahaya.

9. Kentang

Kentang akan terasa sangat enak saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Mereka juga tidak perlu dicuci sebelum digunakan. Namun, suhu di lemari es akan menyebabkan pati terurai, yang akan membuat kentang terasa kasar dan bahkan manis. Jika kentang telah didinginkan, kulitnya bisa menjadi gelap sebelum waktunya selama memasak.

10. Melon

Seperti halnya semangka, melon harus dipotong dan dimasukkan ke dalam lemari es cukup lama untuk didinginkan agar dapat dinikmati dalam keadaan segar. Namun, sebenarnya melon harus disimpan pada suhu kamar.

11. Basil

Menyimpan basil di lemari es bukanlah pilihan yang baik, karena berisiko menyerap bau dan layu terlalu cepat! Oleh karena itu disarankan untuk menyimpannya seperti buket bunga, di udara terbuka dalam wadah dengan sedikit air. Anda bisa mengawetkannya dengan merendam akarnya dalam segelas air.

12. Bawang

Mereka tidak suka lemari es. Bawang sering menjadi lunak, dan terkadang bahkan akan berjamur jika disimpan di lemari es. Mereka bertahan lebih lama ketika disimpan di konter. Bawang membutuhkan sirkulasi udara seperti di jaring tempat mereka ditempatkan

13. Telur

Seperti di supermarket, telur tidak boleh dimasukkan ke dalam lemari es. Tempatkan mereka di tempat yang kering untuk konservasi yang lebih baik.

14. Stroberi

Dalam keadaan dingin, stroberi akan kehilangan rasa manis mereka dan teksturnya akan menjadi pucat. Simpan stroberi di udara terbuka dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Yang terbaik adalah memakannya segera setelah Anda membelinya

15. Stone Fruits (buah dengan biji yang keras dan besar)

Seperti banyak buah-buahan, menyimpan buah ke dalam lemari es bukanlah solusi terbaik! Nektarin, buah persik, dan aprikot lainnya bisa kehilangan nutrisinya. Selain mengawetkan antioksidan, penyimpanan di udara sekitar lebih memungkinkan mereka matang dengan baik dan menjadikannya lebih manis serta mengurangi tingkat keasaman.

16. Mentimun

Kulitnya tidak suka dingin dan akan layu dengan sangat cepat. Saat Anda memotongnya, jangan menyimpan mereka di dalam lemari es begitu saja. Anda dapat menyelipkannya di bawah lapisan plastik untuk menjaga kerenyahannya.

17. Kopi

Kopi perlu ditempatkan di tempat yang kering jauh dari panas agar tetap segar. Suhu lemari es biasanya akan terlalu dingin. Kopi juga harus disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kualitasnya. Biji kopi harus disimpan pada suhu kamar dan jauh dari panas, kelembaban, dan cahaya.

18. Roti

Suhu dingin cenderung memiliki efek pengeringan pada banyak makanan. Roti juga akan menjadi kering dan basi jika didinginkan. Tekstur roti juga akan menjadi lembek jika disimpan terlalu lama di lingkungan yang dingin.

19. Selai Kacang

Selai kacang harus disimpan pada suhu kamar. Kemungkinan selai kacang akan menjadi kering dan keras jika disimpan di lemari es. Untuk selai kacang yang creamy dan mudah dioleskan, disarankan untuk menyimpannya di tempat dengan suhu normal dan kering.

20. Saus Tomat

Meskipun sebagian besar botol Saus Tomat mengharuskan Anda untuk mendinginkannya setelah dibuka, produk ini biasanya mengandung cukup banyak bahan pengawet untuk mencegah pembusukan tanpa didinginkan. Banyak restoran menyimpan botol kecap di atas meja untuk waktu yang lama.

21. Jeruk

Buah jeruk sangat asam dan dapat rusak dikarenakan oleh suhu yang terlalu dingin. Kulit jeruk juga bisa menjadi kusam dan belang saat disimpan di lemari es. Karena jeruk memiliki kulit yang tebal dan keras, mereka akan tumbuh lebih baik di lingkungan yang lebih hangat.(lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular