Erabaru.net. Pada usianya yang ke- 112 tahun, seorang mantan petani tebu di Puerto Rico telah dikonfirmasi oleh Guinness World Records sebagai pria tertua di dunia yang masih hidup.

Emilio Flores Márquez, yang lahir di timur laut Kota Carolina pada 8 Agustus 1908, memuji umur panjangnya yang luar biasa dengan etos menyebarkan cinta dan mengakhiri kebencian.

“Ayah saya membesarkan saya dengan cinta, dia selalu mencintai setiap orang,” kata Flores Márquez, yang dikonfirmasi berusia 112 tahun dan 326 hari pada hari Rabu (30/6), menurut Guinness World Records.

“Dia selalu menyuruhku dan saudara-saudaraku untuk berbuat baik, berbagi segalanya dengan orang lain. Selain itu, Kristus selalu hidup di dalam hati saya.”

Pria tertua yang masih hidup, yang diakui oleh Guinness World Records sebelumnya adalah Dumitru Comănescu dari Rumania yang memegang rekor tersebut kurang dari satu bulan sebelum dia meninggal tahun lalu, pada 27 Juni, pada usia 111 tahun 219 hari.

Sementara itu, manusia tertua di dunia adalah wanita Jepang Kane Tanaka, yang lahir pada 2 Januari 1903 dan telah mencapai usia 117 tahun 41 hari.

Flores Márquez adalah putra sulung Alberto Flores Melendez dan Margarita Márquez-García yang melahirkan 11 anak dan 10 yang selamat.

Dia bekerja bersama ayahnya di pertanian tebu keluarga dan ditugaskan untuk menyiram dan memuat tebu ke gerobak sebelum mereka diangkut.

Flores Márquez mengatakan dia juga akan diberi daftar pekerjaan rumah dan disuruh menjaga sembilan saudara kandungnya.

“Saya adalah yang tertua dari saudara-saudara saya, jadi saya melakukan segalanya,” kenangnya. “Saya mengurus dan merawat anak laki-laki, saya melakukan segalanya.”

Dikenal sebagai ‘Don Millo,’ Flores Márquez menikah dengan Andrea Pérez, istrinya selama 75 tahun dan memiliki empat anak. Istrinya meninggal pada tahun 2010.

Flores Márquez menjalani operasi pada usia 101 untuk memasang alat pacu jantung dan sehat. Dia menderita kehilangan pendengaran.

Dia tinggal di Kotamadya Trujillo Alto dengan dua anaknya yang masih hidup, Tirsa dan Emilio, yang merawatnya.

Flores Márquez memiliki lima cucu dan lima cicit.

“Selalu merupakan suatu kehormatan untuk merayakan pria yang luar biasa ini, dan tahun ini kami telah memproses aplikasi dari bukan hanya satu tetapi dua pesaing untuk gelar pria tertua yang masih hidup,” kata Pemimpin Redaksi Guinness World Records Craig Glenday.

“Saya senang menampilkan Márque, yang menariknya lahir pada hari ke-8 bulan ke-8 di tahun ke-8 abad ke-20! dan membawa kisahnya yang menarik ke masyarakat luas. Di samping ini, saya juga senang bahwa kami mendapat kesempatan untuk memberikan penghormatan kami kepada Dumitru Comnescu, yang sebentar memegang rekor, tapi sayangnya meninggal sebelum kami pergi ke pers.’

Jeanne Calment berkebangsaan Perancis adalah manusia tertua yang pernah hidup dengan umur 122 tahun dan 164 hari. Ia lahir 21 Februari 1875 dan meninggal 4 Agustus 1997.

Pria tertua yang pernah hidup adalah Jiroemon Kimura, dari Jepang, 19 April 1897 dan meninggal pada usia 116 tahun 54 hari pada 12 Juni 2013. (lidya/yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular