Erabaru.net. Pada 19 Juni 2021, ribuan merpati hilang saat mengikuti sekitar 50 balapan di seluruh Inggris dan gagal kembali pada waktunya. Balap merpati melepaskan merpati pos yang dilatih khusus, yang kemudian kembali ke rumah mereka dengan jarak yang diukur dengan cermat.

Pemilik merpati dilaporkan mengklaim bahwa badai Matahari di atas awan mungkin telah membingungkan burung-burung dan membuat mereka tersesat.

Menurut penggemar balap merpati, ini tidak biasa terjadi.

“Saya berusia 45 tahun dan telah memelihara merpati sejak saya berusia sembilan tahun dan saya belum pernah mendengar hal seperti ini. Itu sangat tidak biasa dan merupakan misteri nyata, ” kata kepala Royal Pigeon Racing Association (RPRA) Ian Evans kepada The Times.

Menurut sebuah laporan oleh Daily Mail, sekitar 250.000 merpati dilepaskan untuk balapan. Namun, 90 persen dari mereka tidak pulang tepat waktu.

Peminat lomba merpati mengatakan bahwa pada hari itu cuaca diprediksi akan mendung tetapi tetap memiliki jarak pandang yang jelas, dan pada sore hari langit kembali biru. Mereka percaya ini karena ‘badai Matahari’ di atas awan yang mungkin membingungkan burung dan mengacaukan rute mereka.

Perlombaan 273 km dari Peterborough ke Yorkshire Utara adalah tempat laporan pertama tentang merpati yang hilang berasal. Pemilik burung lain tidak tahu apa-apa, tetapi begitu mereka melihat media sosial dibanjiri tentang berita hilangnya merpati, mereka bertanya-tanya apakah hal yang sama terjadi pada burung mereka.

Karena pelatihannya mahal, orang-orang yang kehilangan merpati ini akan menjadi pukulan besar untuk kantong mereka. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular