Erabaru.net. Pada usia 12 tahun, 4 bulan, dan 25 hari, Abimanyu Mishra telah memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Grandmaster Catur Rusia Sergey Karjakin, yang memenuhi syarat untuk gelar pada usia 12 tahun dan 7 bulan.

Abimanyu, dari Englishtown, New Jersey,AS, melewati batas Elo rating 2500 yang diperlukan pada 30 Juni selama turnamen Vezerkepzo GM Mix di Budapest, Hongaria. Di sinilah dia mengalahkan Grandmaster Leon Luke Mendonca, dengan skor 7/9.

Kemenangan ini memungkinkan Abimanyu untuk menyeberang dari Master Internasional ke gelar tertinggi di dunia catur, setelah mendapatkan norma ketiga dan terakhirnya.

Melalui Twitter, remaja itu menulis:

“Akhirnya berhasil membuat skakmat kepada lawan terbesar dalam waktu 14 bulan. Terima kasih semuanya untuk semua cinta dan dukungan Anda. Nantikan Piala Dunia.”

Berbicara dengan Champions Chess Tour setelah kemenangannya yang bersejarah, Abimanyu menggambarkan pengalaman itu sebagai ‘tidak nyata’ dan ‘sangat melegakan’, menambahkan:

“Kami telah di sini selama 2,5 bulan terakhir mencoba untuk memecahkannya. Rasanya luar biasa!”

Abimanyu yang berdedikasi dilaporkan menghabiskan beberapa bulan di Budapest, di mana ia berkompetisi di turnamen berturut-turut untuk mengejar gelar bergengsi ini.

Hebatnya, ini bukan pertama kalinya ia memecahkan rekor, menurut Federasi Catur AS.

 

Pada usia sembilan tahun dua bulan, ia menjadi master termuda dalam sejarah catur AS, kemudian menjadi Master Internasional termuda sepanjang masa dalam usia 10 tahun, sembilan bulan, dan tiga hari.

Banyak yang mengucapkan selamat kepada Abimanyu Mishra atas pencapaian yang luar biasa ini.(lidya/yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular