Erabaru.net. Kebanyakan orang akan melihat sapi sebagai hewan vegetarian, terutama memakan rumput dan tidak akan memangsa hewan lain.

Namun beberapa waktu lalu, seorang insinyur di Australia telah memotret pemandangan langka di pinggir jalan di Queensland, Australia yang menunjukan seekor sapi sedang memakan seekor ular dan mengunyahnya dengan lahap!

Melalui pengamatan tersebut, dapat dilihat bahwa ular yang dimakan sapi itu adalah ular sanca, yang merupakan ular tidak berbisa dan memiliki ukuran agak besar

Dalam keadaan normal, sapi dan ular jelas bukan hubungan antara pemangsa dan mangsa dalam rantai makanan. Ular memiliki banyak musuh alami, seperti biawak, elang, musang madu, landak, dll. Dan sama sekali tidak ada sapi dalam daftar musuh ular. Oleh karena itu, adegan sapi memakan ular merupakan fenomena yang sangat tidak biasa.

Mengapa herbivora seperti sapi mulai memakan ular ? Apakah Ini menandakan bahwa rantai makanan ada yang salah?

Mengapa sapi memakan ular?

Kabar sapi menelan ular tersebut sempat menimbulkan kehebohan, banyak orang mengira itu adalah pertanda bahwa hewan akan mengubah rantai makanannya, dan khawatir akan terjadi sesuatu yang buruk. Untuk itu, para ilmuwan setempat memberikan penjelasan setelah melakukan penelitian, mengatakan bahwa mungkin sapi yang memakan ular tersebut kekurangan mineral fosfor dalam tubuhnya, sehingga secara naluriah, sapi mulai memakan daging untuk sementara waktu.

Karena ternak kekurangan mineral, mereka perlu makan beberapa tulang hewan untuk mengisi kembali mineral mereka. Misalnya, sapi terkadang menjilati tulang untuk mendapatkan garam mineral, ini bukan hal yang aneh. Ini adalah cara bagi herbivora untuk melengkapi nutrisi dan hanya sebuah respon dari naluriah tubuh.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa ini bukan pertanda adanya masalah dalam rantai makanan.

Herbivora tidak selalu menjadi vegetarian

Faktanya, tidak jarang ditemukan herbivora yang memakan daging. Untuk memudahkan klasifikasi, orang membagi hewan menjadi tiga kategori sesuai dengan kebiasaan makan mereka: karnivora, herbivora dan omnivora. Oleh karena itu, orang sering keliru mengira bahwa herbivora hanya bisa memakan makanan vegetarian. Namun hewan Herbivora tidak selalu menjadi vegetarian. Pada kenyataannya, garis pemisah antara hewan tidak begitu jelas dan mutlak. Pada hewan Herbivora, terdapat hewan vegetarian murni dan beberapa yang dapat memakan dagin.

Herbivora tidak akan menolak untuk memakan daging dalam kondisi khusus tertentu, yang mana sangat umum terjadi di dunia hewan.

Menurut laporan, di negara bagian Benggala Barat, India, ada masa ketika ayam-ayam yang dipelihara di sebuah desa selalu menghilang secara misterius, dan mereka akhirnya ditemukan di kandang sapi—sapi sedang memakan ayam secara diam-diam. Sapi diperkirakan sudah memakan 48 anak ayam kecil satu demi satu selama sebulan

Rusa liar terkadang dapat memakan burung yang tidak bisa terbang.

Tupai juga bisa memakan daging, tikus, atau burung.

Belalai gajah yang panjang dan lentur sering digunakan sebagai alat pancing. Gajah menggunakan belalainya untuk menangkap ikan dan memakannya.

Dapat dilihat bahwa banyak herbivora tidak sepenuhnya adalah vegetarian, mereka hanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk makan rumput namun tetap dapat memakan daging.

Kita tidak perlu khawatir dengan gangguan pencernaan yang akan terjadi oleh herbivora yang memakan daging. Faktanya, herbivora umumnya memiliki sistem pencernaan yang lebih kuat daripada karnivora, dan mereka memiliki kemampuan untuk mencerna protein dan lemak.

Kita semua tahu bahwa daging lebih bergizi daripada tumbuhan, dan herbivora memakan daging untuk menutupi kekurangan nutrisi dari herbivora. Oleh karena itu, di beberapa peternakan, 5% dari “kebutuhan karnivora” akan ditambahkan oleh peternak untuk diberikan kepada ternak herbivoranya seperti daging dan tulang, daging ikan, dan susu.

Oleh karena itu, herbivora kadang-kadang juga akan makan daging. Selain menambah nutrisi yang lebih kaya, mereka juga mungkin akan menjadi sangat lapar ketika sumber makanan menjadi langka atau mereka kehabisan persediaan makanan, atau mereka menyukai rasanya.(lidya/yn)

Sumber: animefans21

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular