Erabaru.net. Tsumaki Shachihoko adalah ngengat Jepang langka yang memiliki kamuflase alami yang mengesankan yang memungkinkannya memiliki tampilan seperti ranting kecil dengan sempurna untuk menghindari pemangsa.

Tsumaki Shachihoko merupakan ngengat yang ditemukan di berbagai kawasan hutan di Jepang, di mana dia berhasil menjaga dirinya tetap aman dengan meniru bagian ranting kecil. Dilihat dari jauh, ngengat tersebut hampir tidak mungkin dibedakan dari ranting yang asli, bahkan terlihat seperti kulit kayu yang terkelupas dengan ujung yang “patah” dan berwarna kecoklatan.

Tsumaki Shachihoko adalah spesies ngengat langka yang mendiami dataran dan pegunungan Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, dan Tsushima, hingga ketinggian sekitar 1000 meter. Panjangnya antara 20 mm hingga 25 mm, dan memiliki masa hidup dua minggu hingga satu bulan. Fiturnya yang paling menarik dari ngengat ini tidak diragukan lagi adalah kamuflase alaminya.

Dilihat dari jauh, ngengat Tsumaki Shachihoko terlihat seperti sepotong ranting. Dari cara sayapnya yang bertumpang tindih untuk menciptakan bentuk silinder, hingga ujung coklat yang bergerigi, dan bahkan kulit kayu yang terkelupas di ujung sayapnya, ngengat kecil ini dapat dikatakan sebagai ahli mimikri.

Bahkan dari dekat pun, sulit untuk membedakan ngengat dari ranting yang asli, dengan satu-satunya hal yang benar-benar membuat serangga itu dapat dibedakan adalah kakinya yang juga terlihat sangat kecil.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, kamuflase fenomenal ini hadir ketika mereka mencoba menghindari burung dan pemangsa lainnya. Meskipun belum pasti apakah penghindaran pemangsa adalah alasan utama mengapa spesies ngengat ini berevolusi seperti ini, namun itu pasti penjelasan ilmiah yang paling masuk akal.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular