Erabaru.net. Setiap orang pasti ingin memiliki pekerjaan yang baik, memiliki karir yang stabil, bahkan kita juga ingin memiliki bos yang baik. Memang, sulit untuk menemukan bos yang baik. Dalam masyarakat sekarang ini, sering terdengar berita konflik antara bawahan dan bos. Namun, di Taiwan ada bos yang tidak hanya baik, tapi luar biasa baik.

Huang Wenxian, pemilik Lucidity Enterprise di Taiwan, telah dipuji sebagai bos “terbaik di dunia”. “Bos terbaik” karena dia telah melunasi utang karyawannya sebesar 3 juta yuan (sekitar Rp 6 miliar) dan juga memiliki sistem kesejahteraan perusahaan, yang membuat semua karyawan mengatakan: “Saya ingin bekerja di sini sampai pensiun.”

Menurut “Dongsen News”, Lucidity Enterprise Co., Ltd adalah produsen lampu truk trailer terbesar di Taiwan. Meskipun pemilik berusia 63 tahun itu bisa menikmati masa pensiunnya, tapi dia masih bekerja dengan karyawan setiap hari.

Dia tahu beberapa karyawan berada dalam kesulitan keuangan. Jadi dia memberi tahu semua karyawannya: “Jangan berutang kartu kredit. Jika Anda memiliki masalah, datanglah ke perusahaan.”

Karena kesulitan yang dia alami pada masa lalunya, dia memahami pikiran karyawannya.

“Ketika saya masih kecil, saya harus mendirikan warung pinggir jalan dengan ayah saya. Adapun ibu saya, dia bekerja sebagai ibu rumah tangga. Hidup sangat sulit,” katanya.

Mengingat pengalaman masa kecilnya, Huang Wenxian mengakui bahwa meskipun dia miskin ketika masih kecil, orangtuanya tetap mau membantu orang lain.

Semangat semacam ini sangat mempengaruhinya, dan juga membuatnya dapat memecahkan masalah ketika menghadapi kesulitan karyawan, dia lebih memilih untuk membantu daripada memarahi mereka.

Saat itu, perusahaan memiliki total sekitar 500 orang, dan undang-undang hanya mewajibkan 5 orang cacat. Namun, Huang Wenxian telah mempekerjakan 21 karyawan cacat, sehingga orang cacat dapat dilihat hampir di mana-mana di dalam pabrik.

Huang Wenxian menekankan bahwa kondisi sekarang tidak mudah bagi orang untuk mendapat pekerjaan, jadi dia bersedia memberi lebih banyak kesempatan kepada orang yang menganggur dan memperlakukan yang kurang beruntung dengan kehangatan

Pada saat itu, salah satu karyawan tunarungu setengah baya tidak dapat menahan tangisnya dan mengungkapkan perasaannya yang tulus: “Terima kasih, bos Huang, karena mengizinkan kami bekerja. Saya sangat senang. Saya ingin bekerja di sini sampai saya pensiun!”

Tidak hanya itu, Huang Wenxian, yang memulai bisnisnya dari nol pada usia 24 tahun, tahu betapa sulitnya keluar dari kesulitan, dan dia selalu berusaha lebih keras untuk memperlakukan karyawan dengan baik.

Dia juga menciptakan “Sistem Pinjaman Bebas Bunga”, dengan pinjaman maksimum jutaan dollar.

Dia memberi tahu karyawannya : “Apakah itu untuk menikah, membeli saham perusahaan, membayar uang sekolah anak-anak, penggunaan uang mendesak keluarga, dll., Selama ada alasan yang sah untuk kesulitan, Anda dapat meminjam dari perusahaan.”

Selain sistem pinjaman tanpa bunga, Huang Wenxian juga memberikan tunjangan untuk karyawan yang baru memiliki anak karena dia telah melihat bahwa sangat sulit bagi karyawan untuk memiliki anak

Karyawan akan diberi 50.000 yuan (Rp 112 juta) untuk anak pertama, 100.000 yuan (Rp 224 juta) untuk dua anak, dan 150.000 yuan ( 336 juta) untuk tiga anak. Anak-anak dari 1 hingga 3 tahun akan menerima tunjangan bulanan 5.000 yuan (Rp 11 juta) !

Huang Wenxian juga mengungkapkan, sebelumnya ada dua pegawai yang sangat membutuhkan uang. Jadi di pergi untuk meminjam uang di luar sistem. Ternyata bunganya sangat tinggi, dan utangnya sampai menjadi 3 juta yuan, sehingga mereka tidak bisa mengembalikannya. Hal ini menyebabkan banyak karyawan stres.
Ketika Huang Wenxian mengetahuinya, dia mengulurkan tangan untuk membantu melunasi hutangnya, lalu memotong gajinya untuk melunasi hutang.

Dia juga memberi pesan pada karyawannya : “Jangan mengambil pinjaman kartu kredit atau rentenir.”

Saat ini, 40% dari karyawan perusahaan meminjam uang ke perusahaan, tapi melunasi tepat waktu dan tidak ada karyawan yang tidak sanggup membayar.

 

Ketika ditanya mengapa dia melakukan ini, Huang Wenxian mengatakan bahwa selain pernah hidup miskin, dia juga dipengaruhi oleh orangtuanya dan mau melanjutkan semangat kebaikan mereka.

Huang Wenxian berharap untuk dapat selalu memperlakukan karyawan yang bekerja keras bersama sebagai anggota keluarga.

Seringkali ketika karyawan selesai meminjam uang, dia akan mengatakan kepada karyawan:“Kalian tidak perlu berterima kasih pada saya. Kapan Anda memiliki potensi untuk membantu orang lain? Itu hadiah terbaik untuk saya.”

Bos yang baik dan berdedikasi kepada karyawannya ini benar-benar merupakan kebanggaan Taiwan!

Setelah diinformasikan oleh Kementerian Tenaga Kerja, perusahaan itu juga diberikan penghargaan yang menunjukkan bahwa “perusahaan yang menghangatkan hati” yang diciptakan oleh Huang Wenxian patut dipelajari oleh semua bos perusahaan.

Banyak netizen yang tergerak dan memberikan pujian pada bos yang luar biasa baik ini.

”Benar-benar bos langka.”

“Aku sangat terharu mengetahui kebaikannya.”

“Tidak heran karyawan ingin bekerja seumur hidup.”

Tidak banyak bos yang bisa melakukan hal seperti ini di jaman sekarang! Ketika Anda melihat dunia dari perspektif yang berbeda, Anda akan melihat pemandangan yang berbeda, ketika Anda melihat kehidupan dari sudut yang lain, Anda akan melihat sisi indah dari kehidupan.(lidya/yn)

Sumber: haowenshare

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular