Erabaru.net. Ini adalah momen yang membuat para penjaga kebun binatang sangat senang ketika mereka menyaksikan bayi badak langka yang lahir di taman safari di Inggris – ini adalah kelahiran kedua hanya dalam waktu enam minggu dari induknya.

Keyah, badak putih selatan melahirkan setelah hamil 16 bulan di Taman Safari West Midlands pada Minggu, 27 Juni.

Rekaman yang menakjubkan itu menunjukkan Keyah yang mondar-mandir di sekitar kandangnya saat anaknya itu muncul dan dalam posisi masih dalam kantung ketuban.

Saat dia berputar, bayinya keluar dan terbaring di tempat tidur jerami. Keyah kemudian mendekat dan dengan lembut mendorong bayinya agar bergerak.

Kemudian dalam klip CCTV, bayi yang baru lahir mencoba berdiri saat induknya meringkuk dekat dengan anaknya.

Anak badak, yang namanya akan dimulai dengan huruf J seperti semua hewan yang lahir tahun ini, adalah badak putih kedua yang ada di taman safari di Bewdley, Worcestershire, dengan kelahiran dalam waktu beberapa minggu.

Ayah yang bangga, Barney, kini telah menjadi ayah dari lima badak di taman dan penjaga berharap badak berusia 15 tahun itu akan terus memiliki lebih banyak keturunan sebagai bagian dari program pemuliaan.

Kepala Satwa Liar Angela Potter mengatakan: “Kami senang menyambut anak badak baru lainnya di badak putih selatan kami.”

“Sungguh luar biasa melihat Keyah menjadi ibu dengan sangat baik, dan dia pasti akan sangat sibuk ketika anaknya mulai belajar berjalan.”

“Merayakan kelahiran badak lagi di taman ini adalah pencapaian yang fantastis, dan selanjutnya menunjukkan peran penting yang harus kita mainkan dalam menjadi bagian dari Program Spesies Terancam Punah Eropa.”

“Meningkatkan kesadaran akan upaya konservasi adalah penting dan diperlukan untuk melindungi kelima spesies badak di alam liar, akan selalu menjadi kekuatan pendorong di balik pekerjaan kami di sini.:

“Ini juga pertama kalinya kami memiliki dua anak badak yang lahir dengan waktu yang sangat dekat, jadi kami tidak sabar untuk melihat mereka tumbuh sebagai pasangan, kemungkinan menyebabkan segala macam kerusakan di safari.”

Program pengembangbiakan taman tersebut telah sukses besar, dengan badak ini yang mana telah menjadi badak kelima yang lahir di taman tersebut dalam lima tahun terakhir.

Badak putih terdiri dari dua subspesies: badak putih selatan, yang diperkirakan ada 20.000 yang hidup di alam liar (per 2015) dan subspesies utara yang jauh lebih langka, di mana hanya ada dua yang hidup – betina dan keduanya di penangkaran.

Badak adalah target umum dari pemburu yang memburu mereka untuk diambil culanya, dengan perburuan yang tidak terkendali selama era kolonial dianggap sebagai faktor utama penurunan populasi badak putih.

Hewan-hewan ini menjadi sasaran empuk bagi pemburu karena ukurannya, penglihatan yang buruk, dan kecenderungan untuk bepergian dalam kawanan.(lidya/yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular