Erabaru.net. Di masa depan, orang-orang yang bekerja sebagai mencuci piring di restoran mungkin akan mendapat saingan, karena monyet pun telah belajar untuk mencuci piring. Kalau tidak percaya silahkan tonton video ini.

Seorang penduduk di Provinsi Gauteng di Afrika Selatan memiliki seekor monyet peliharaan di rumahnya. Mungkin karena monyet tersebut sering melihat tuannya mencuci piring, diapun mempelajarinya sendiri dan mulai membantu pekerjaan di dapur- mencuci piring.

Monyet kecil itu melompat ke wastafel cuci piring. Dia mengambil spons pencuci piring dan mencuci panci stainless steel dengan hati-hati, setelah selesai dia tampak mencuci gelas dan akhirnya mengambil kain kering untuk mencoba mengeringan panci dan gelas.

Tentu saja, monyet itu tanpa sengaja memasukkan kain kering ke dalam air, dan pekerjaan menyeka menjadi lebih rumit. Tapi sekali lagi, siapa yang tidak pernah melakukan kesalahan?

Sebagai hewan primata, mereka memiliki IQ tinggi dan kemampuan meniru yang luar biasa. Ada istila dalam bahasa Inggris yang disebut “Monkey See, Monkey Do”, yang diterjemahkan secara kasar berarti “mempelajari sesuatu”, dan itu mengacu pada kekuatan super meniru pada monyet.

Pemiliknya, dulunya adalah seorang penjaga pintu kereta api di Afrika Selatan. Karena kakinya patah dalam kecelakaan kereta api, dia kesulitan untuk melakukan pekerjaan rumah, jadi dia mulai melatih seekor monyet bernama “Jegem” yang dibesarkan di rumahnya.

Dia pertama kali mengajarkannya cara mengambil air di hutan. Lalu, tidak butuh waktu lama baginya untuk belajar melakukan pekerjaan rumah sederhana. Monyet tersebut juga sudah dapat menyiram bunga dan tanaman di kebun.

Jegem sangat cepat saat berlatih, dan dia sudah membantu tuannya melakukan pekerjaan rumah selama 9 tahun berturut-turut, dan tidak pernah melakukan kesalahan.

Pada kasus lain, ada sebuah peternakan di Namibia, Afrika, dengan 20 ekor domba. Yang menarik adalah domba-domba tersebut tidak digembalakan oleh manusia melainkan seekor monyet dewasa.

Dari sudut pandang ini, orang yang memiliki hewan peliharaan monyet di rumah harus tetap memperhatikan setiap gerakan mereka, jika tidak, monyet kecil cenderung akan “belajar sesuatu”. Entah itu adalah sesuatu yang baik atau yang buruk akan dia pelajari, dan itu tergantung pada perilaku Anda sendiri. (lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular