Erabaru.net. Kadaknath adalah jenis ayam India yang populer karena kualitas daging dan telurnya, tetapi terutama karena warna kulitnya yang hitam dan dagingnya yang berwarna gelap.

Daging ayam adalah bentuk protein yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dengan lebih dari 98,5 juta ton dikonsumsi setiap tahun. Tetapi kita harus bertanya-tanya apakah ayam tetap akan menjadi sepopuler itu jika warna dagingnya hitam.

Ayam kampung yang dibesarkan secara alami cenderung memiliki warna yang lebih gelap daripada ayam broiler yang dipelihara secara intensif yang kebanyakan kita konsumsi, dan kebanyakan orang akan kecewa ketika melihat warna kulit ayam seperti itu.

Tapi itu bahkan bukanlah jenis daging hitam yang akan saya bicarakan. Kadaknath, jenis ayam yang dibesarkan di beberapa negara bagian di India, memiliki bulu dan kulit hitam legam, dan daging yang benar-benar gelap diduga memiliki kualitas jauh lebih tinggi daripada ayam broiler.

Juga dikenal sebagai Kali Masi, ayam Kadaknath berasal dari distrik Jhabua yang didominasi suku Madhya Pradesh, tetapi sekarang jenis ayam itu sudah diternak di banyak negara bagian India, termasuk Chhattisgarh, Tamil Nadu, Andhra Pradesh dan Maharashtra.

Dagingnya yang tampak aneh dicari oleh pemakan daging yang lebih mengutamakan kesehatan, karena ayam tersebut memiliki kualitas protein yang jauh lebih tinggi dan kandungan lemak yang jauh lebih rendah.

Daging ayam Kadaknath dijual seharga Rs. 1.000 hingga 1.200 (Rp 200 ribu hingga Rp 233 ribu) per kilogram, yang setidaknya tiga kali lebih mahal daripada daging ayam broiler, dengan harga unggas hidup di atas Rs. 850 (Rp 165 ribu) per kilo.

Kualitas daging hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi harga, waktu dan usaha yang diperlukan untuk memelihara ayam adalah faktor yang paling penting.

Ayam broiler hanya membutuhkan waktu 45 hari untuk mendapatkan bobot yang cukup untuk dikonsumsi, sedangkan ayam Kadaknath membutuhkan waktu sekitar 8 bulan.

Meskipun ada cerita dan foto palsu yang beredar secara online yang menunjukkan bahwa darah dan telur ayam Kadaknath juga berwarna hitam, itu sama sekali tidak benar.

Hanya bulu dan kulitnya yang benar-benar hitam, sedangkan daging dan tulangnya tidak hitam namun tetap jauh lebih gelap daripada kebanyakan ras ayam lainnya.

Meskipun ayam Kadaknath jarang ditemukan di luar India, mereka bukan satu-satunya ayam berdaging gelap di dunia. Ayam Sutera Tiongkok juga terkenal dengan kulit dan dagingnya yang berwarna abu-abu gelap, dan ada lagi ayam Cemani, jenis ayam dari Pulau Jawa yang juga terkenal dengan daging dan bahkan seluruh tubuhnya berwarna hitam, dan harganya juga sangat mahal. (Lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular