NTD

Mari kita perhatikan lagi virus Komunis Tiongkok (COVID-19).  Pada Rabu 7 Juli, tidak termasuk Tiongkok daratan, sekitar 184,6 juta orang didiagnosis di seluruh dunia dan hampir 4 juta orang meninggal. 

Ada 39 kasus lokal baru di Taiwan. Daerah Ruili, Yunnan, Tiongkok, hingga menutup kota. Sementara  Myanmar, yang berbatasan dengan Ruili, telah mengkonfirmasi lebih dari 3.600 kasus dalam sehari. Kasus itu , memecahkan rekor selama tiga hari berturut-turut.

Taiwan menambahkan 39 kasus lokal dan 9 kematian pada Rabu 7 Juli. Nilai   “angka reproduksi efektif” kurang dari 1 selama beberapa minggu berturut-turut, dan epidemi terus melambat.

Menurut Chen Shizhong, komandan Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan, nilai Rt telah kurang dari 1 selama beberapa minggu. Sekarang nilainya adalah 0,69. 

Staf Terminal Kargo China Airlines dikabarkan juga terinfeksi epidemi.  Menurut Chen Shizhong  hampir 900 orang telah  dikarantina.

Di daratan Tiongkok, 15 kasus baru yang dikonfirmasi dan dua infeksi tanpa gejala dilaporkan di Kota Ruili, Yunnan. Pada Rabu itu, wilayah perkotaan utama Ruili ditutup untuk pengelolaan. Semua warga tinggal di rumah dan semua sekolah ditutup.  

 Ruili berbatasan dengan Myanmar, dan penduduk kedua tempat tersebut sering melakukan perdagangan perbatasan. Di antara kasus yang dikonfirmasi adalah orang Tiongkok dan Myanmar.

Ada tiga gelombang epidemi di Ruili tahun ini, dan warga setempat baru saja divaksinasi dengan vaksin buatan dalam negeri dalam skala besar.

Di Myanmar, selama tiga hari berturut-turut, jumlah diagnosis dalam satu hari mencapai angka tertinggi baru. Pada hari itu, 3.602 kasus baru dikonfirmasi dan 52 orang meninggal. Situasi epidemi di Negara Bagian Rakhine Barat dikabarkan juga  terus meningkat.

Pemerintah Vietnam mengabarkan ada  677 kasus baru pada Rabu 7 Juli. Sebagian besar kasus, terkonsentrasi di Kota Ho Chi Minh. Sebelumnya, jumlah kasus yang dikonfirmasi melebihi 1.000 selama dua hari berturut-turut.

Pada hari itu juga, ribuan siswa sekolah menengah berkumpul di Hanoi untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tahun ini. Polisi memasang penghalang jalan di 188 pusat tes, dan para orang tua menunggu di luar.

Di Jepang, 920 kasus baru dikonfirmasi di Tokyo. Angka itu merupakan angka tertinggi sejak Mei lalu. Pihak berwenang berencana untuk mengeluarkan keadaan darurat keempat ke Tokyo hingga 22 Agustus mendatang.

Kepala ahli kesehatan Jepang merekomendasikan pengurangan jumlah tempat Olimpiade.  

Virus varian Delta mengamuk di Korea Selatan, dengan lebih dari 1.200 kasus yang dikonfirmasi dalam satu hari. Angka itu merupakan angka tertinggi baru tahun ini. Pihak berwenang Korea Selatan mengumumkan memperpanjang tindakan pengendalian anti-epidemi selama seminggu lagi. (hui)

 

Share

Video Popular