Erabaru.net. Ken Rohling telah mengambil foto satwa liar sejak dia mendapatkan kamera pertamanya pada usia 6 tahun, dan sejak itu, dia keluar untuk memotret hampir setiap hari.

Namun baru-baru ini, dia mengamati beberapa perilaku hewan yang tidak biasa yang akan dia ingat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Saat dalam perjalanan ke Lake Apopka Wildlife Drive dekat Orlando, Florida, AS, Rohling melihat seekor burung elang tiram yang sedang bertengger di kawat di atas tiang telepon. Di cakarnya juga terdapat seekor ikan, dan elang itu terlihat sedang berniat menghabiskan makanannya.

Tapi elang tidak menyadari bahwa dia tiba-tiba ditumpangi oleh seekor burung hitam kecil bersayap merah yang suka memerintah.

“Sepasang burung hitam bersayap merah duduk di dekatnya dan mereka seolah berencana untuk mengejutkannya,” kata Rohling kepada The Dodo. “Dia pasti dekat dengan sarang mereka; mereka sangat teritorial.”

Burung hitam bersayap merah dikenal tidak takut untuk melawan burung besar mana pun yang terbang ke daerah mereka, dan akan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mengusir mereka. Biasanya burung hitam akan menggunakan beberapa cara yang paling menyebalkan.

“Pertama dia melakukan beberapa kali cakaran, dan lainya adalah, dia mencoba menarik bulu dari punggungnya yang sudah dilakukan puluhan kali,” kata Rohling. “Burung elang itu pun berkoak dan mengepakkan sayapnya, tapi dia tetap berusaha mengabaikan burung kecil itu sebisa mungkin.”

Ketika cara mencabut bulu tidak berhasil, burung hitam mulai mendarat di sayap dan punggung elang , menungganginya seolah-olah sedang berselancar.

Sementara burung elang tidak menimbulkan banyak ancaman bagi burung hitam bersayap merah, burung-burung kecil itu juga sering menumpang pada elang botak dan elang ekor merah.

Setelah sekitar 15 menit, elang bosan enggan untuk dijadikan objek berselancar lagi dan memutuskan untuk terbang.

Burung-burung hitam kecil pun kembali ke sarang mereka dengan penuh kemenangan — tidak merasa sedikit pun menyesal karena telah merusak waktu makan siang elang. (lidya/yn)

Sumber: The Dodo

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular