Erabaru.net. Ketika simpanse 59 tahun dalam kondisi sekarat dan tidak mau makan, teman lamanya – seorang ilmuwan tua datang mengunjunginya. Momen lembut mereka terekam dalam video reuni yang telah menjadi populer di Internet. Perasaan mendalam antara simpanse dan ilmuwan membuat banyak netizen menangis.

Mama yang berusia 59 tahun adalah simpanse tertua di Eropa. Mama adalah ibu dari keluarga simpanse terkenal di Kebun Binatang Royal Burgers di Arnhem, Belanda.

Dalam video tersebut, Mama yang sakit parah sedang berbaring di tempat tidur jerami. Tampak terlalu lemah untuk makan atau berjalan.

Mengetahui bahwa waktu Mama di dunia tidak lama lagi, Jan van Hooff, seorang ahli biologi Belanda dan profesor emeritus biologi perilaku di Universitas Utrecht, Belanda, melakukan perjalanan khusus untuk mengunjungi Mama.

Hooff, yang terkenal sebagai peneliti spesies primata, adalah pendiri koloni simpanse di Kebun Binatang Royal Burgers. Dia mengenal Mama sejak tahun 1972.

Melihat Mama yang lemah meringkuk di tempat tidur, Jan van Hooff dengan lembut membelainya, mencoba memberinya makan.

Pada awalnya, Mama tidak menyadari siapa yang memberinya makan, namun ketika dia mengangkat kepalanya dan melihat orang di depannya, dia segera mengenali teman dan mitra manusia yang dicintainya. Mama membuka mulutnya lebar-lebar dan berteriak gembira.

Mama mengulurkan tangannya dengan lembut, menarik rambut Jan van Hooff, dan menatap mata profesor tua itu dengan penuh semangat.

Dia melingkarkan lengannya di leher Jan van Hooff dan memeluknya dengan penuh kasih.

Ini mungkin terakhir kalinya Jan van Hooff bertemu dengan Mama karena tak lama setelah pertemuan yang mengharukan ini (5 April 2016), Mama mati dengan tenang.

Menurut sebuah artikel Jan van Hooff mengatakan: “Banyak orang yang mengikuti pelatihan selama tur kuliah. Ketika kami tiba di habitat orangutan, Mama selalu datang dari sudut terjauh di sisi lain berlari dan menyapa saya dengan penuh semangat dalam bahasa simpanse, terengah-engah dan berteriak, ‘Woo-oooo-!'”

Dia melanjutkan dengan mengatakan: “Dalam satu tahun terakhir, itu menjadi semakin sulit baginya. Setiap kali dia menghabiskan lebih banyak waktu datang ke sungai, dia akan jatuh ke tanah dari waktu ke waktu … Saya pasti akan merindukannya.”

Jan van Hooff membagikan video pertemuan terakhirnya dengan Mama di YouTube. Banyak orang tergerak oleh reaksi penuh kasih sayang dari Mama.

Seorang netizen menulis: “Video yang benar-benar indah, ini membuatku menangis. Wow.”

Yang lain menulis: “Adegan ini membuat saya menangis seperti anak kecil. Untuk pria berusia 31 tahun, menangis itu sulit.”(lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular