Erabaru.net. Dokter di Taiwan baru-baru ini melaporkan kasus yang tidak biasa dari seorang wanita muda yang tampaknya memiliki dua patahan sumpit bersarang di wajahnya selama seminggu, bahkan dia tidak mengetahuinya.

Wanita berusia 29 tahun yang tidak disebutkan namanya itu dilaporkan pergi ke ruang gawat darurat rumah sakit setelah pertengkaran hebat dengan saudara perempuannya dan meninggalkannya dengan dua luka kecil di hidung dan di bawah mata kirinya. Dokter memeriksanya dan melakukan rontgen, meski begitu, semua tampak baik-baik saja.

Wanita itu pun meninggalkan rumah sakit, tetapi seiring berjalannya waktu, dia mulai merasakan bahwa luka-lukanya lebih serius daripada yang dia duga sebelumnya. Dia baru mengingat bahwa patahan sumpit plastik yang digunakan adiknya untuk menyerangnya hilang, dan dia mulai berpikir ada sesuatu yang tersangkut di hidungnya.

Seminggu setelah kunjungan UGD pertamanya, wanita muda itu kembali ke rumah sakit, dan memberi tahu dokter tentang kekhawatiran barunya. Pemeriksaan menyeluruh pun dilakukan dan mengungkapkan bahwa patahan sumpit telah menembus septum hidungnya – dinding yang membagi dua saluran hidung – dan dia menjalani CT scan yang menunjukkan bahwa dia memiliki dua potongan besar sumpit yang tertanam jauh di dalam sinusnya.

Salah satu pecahan sumpit plastik berukuran sekitar 3,5cm dan yang lainnya berukuran 5 cm. Setelah menganalisis posisi benda asing dan luka di wajah wanita itu, dokter mengatakan bahwa dua luka kecil itu sebenarnya adalah titik masuk dari patahan sumpit tersebut.

Menariknya, patahan sumpit dilaporkan memasuki tengkorak wanita melalui “rute” yang sama yang digunakan dokter saat melakukan operasi pada sinus ethmoid, yang terletak di antara sudut mata dan pangkal hidung.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu pun melakukan pembedahan untuk menghilangkan fragmen, dan untungnya tidak mengalami komplikasi selama prosedur.

Laporan kasus tersebut diterbitkan dalam The Journal of Emergency Medicine pada 24 Juni, dan penulis menekankan bahwa perlunya pemeriksaan menyeluruh jika kasus serupa terjadi karena bahkan dibalik luka terkecil pun bisa terjadi masalah kesehatan yang serius.

Meskipun hidup dengan benda asing yang tertanam di tengkorak begitu lama terdengar gila, kenyataannya adalah bahwa beberapa orang telah hidup dengan segala macam barang – dari koin hingga cakram plastik – di hidung mereka selama beberapa dekade. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular