Erabaru.net. Indonesia kedatangan dua jenis vaksin sekaligus, Moderna dan AstraZeneca. Kedatangan vaksin Moderna tahap kedua sebesar 1.500.100 dosis, dukungan kerjasama Amerika Serikat dari jalur multilateral COVAX Facility.

Pada Kamis Malam (15/7/2021), sekitar pukul 20.25, Indonesia juga menerima pengiriman tahap kedua vaksin Astrazeneca dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari Pemerintah Jepang, sejumlah 1.162.840 dosis

“Dengan kedatangan hari ini, maka jumlah vaksin Moderna, dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui COVAX Facility yang telah diterima adalah 4.500.160 dosis. Adapun total vaksin dukungan dose-sharing melalui jalur bilateral dari Jepang adalah 2.161.240 dosis,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kamis (15/7/2021).

Dia mengatakan, jumlah vaksin baik dari Amerika maupun Jepang ini sejalan dengan dengan komitmen baik yang disampaikan Pemerintah AS yaitu Menlu AS, Secretary Blinken dan National Security Advisor, Jack Sullivan serta komunikasi dirinya dengan Menlu Jepang, Toshimitsu Motegi baik melalui telepon maupun saat pertemuan bilateral di sela-sela KTM G20 di Italia, 29 Juni 2021 lalu.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin sekali lagi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah dan rakyat AS dan Jepang yang telah berbagi dosis vaksin baik melalui jalur bilateral maupun multilateral,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia ,Sung Y. Kim mengatakan pengiriman ini merupakan tambahan dari tiga juta dosis yang tiba pada 11 Juli lalu sehingga menggenapkan total donasi vaksin Amerika untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

 

“Kami berupaya untuk memberikan sebanyak mungkin vaksin yang aman dan efektif  sehingga sebanyak mungkin orang Indonesia dapat divaksinasi secepat mungkin,” ujar Dubes Kim.

Ia mengatakan, Amerika Serikat akan berkontribusi untuk membantu mengakhiri pandemi ini dan membangun kembali dunia yang lebih siap untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman kesehatan di masa depan, agar semua orang dapat hidup dengan aman dan sehat. Penting untuk terus diingat: Tidak ada satu orang pun yang aman hingga semua orang aman.”

Amerika Serikat telah memberikan komitmen bersejarah berupa kontribusi senilai empat miliar dolar dari rakyat Amerika melalui Gavi, the Vaccine Alliance untuk COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC). Kontribusi AS mendukung pembelian dan pengiriman vaksin COVID-19 untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah, termasuk Indonesia. Dengan pengiriman terbaru ini, maka Indonesia telah menerima lebih dari 12,7 juta dosis melalui COVAX AMC, sebuah inisiatif global untuk mendukung akses adil ke vaksin-vaksin COVID-19 yang aman dan efektif.

Selain itu, Presiden Biden juga telah berkomitmen untuk menyediakan 80 juta vaksin COVID-19 yang aman dan efektif untuk negara-negara yang memerlukan di seluruh dunia untuk membantu mengakhiri pandemi ini. Indonesia akan menerima sebagian dari vaksin tersebut. Rencana Presiden Biden terkait 80 juta dosis yang akan didonasikan ini mencakup lebih dari 23 juta dosis untuk Asia, sebagai upaya untuk menjaga agar kawasan – dan Indonesia – aman.

Amerika Serikat juga memberikan bantuan untuk upaya respons COVID-19 Indonesia yang lebih luas.

Hingga hari ini, Amerika Serikat telah menginvestasikan 36 juta dolar untuk mendukung upaya Indonesia meningkatkan pelayanan vaksinasi, mempercepat tes dan pelacakan kasus, berbagi informasi faktual, serta meningkatkan kapasitas dan pelayanan fasilitas kesehatan. Kontribusi AS mencakup lebih dari 1.000 ventilator yang saat ini digunakan di 600 rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia. (asr)

Share

Video Popular