Erabaru.net. Zhou Xiaoguang, memulai usahanya dari nol pada usia 16 tahun, dan berhasil mewujudkan perjuangannya dari kios kecil menjadi miliarder. Kekayaan bersihnya mencapai 30 miliar yuan.

Menurut laporan media, Zhou Xiaoguang lahir di Zhuji, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, pada tahun 1962. Dia bukan berasal dari keluarga kaya. Untuk mengurangi tekanan pada kehidupan orangtuanya, Zhou Xiaoguang muda mulai bekerja paruh waktu di usia muda, dengan menjual karangan bunga dan jarum sulaman di pinggir jalan.

Pada tahun 1978, Zhou Xiaoguang yang berusia 16 tahun merasa bahwa kota kelahirannya terlalu kecil untuk mewujudkan mimpinya menjadi kaya, jadi dia meminjam beberapa ribu yuan dari ibunya dan pergi meninggalkan Zhuji untuk mencari peluang bisnis.

Zhou Xiaoguang menghabiskan 7 tahun mencari pengalaman di seluruh Tiongkok, di mana dia hidup dengan menjual perhiasan, dan kemudian menemukan bahwa perhiasan dapat menguntungkan dan merupakan usaha paling cocok untuknya. Dia kemudian memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya untuk memulai bisnisnya sendiri di industri perhiasan.

Pada tahun 1985, Zhou Xiaoguang bertemu Yu Yun. Keduanya saling jatuh cinta dan dengan cepat berjalan ke aula pernikahan. Setelah menikah, pasangan itu memutuskan untuk menginvestasikan semua tabungan mereka dalam bisnis perhiasan.

Mereka mempertimbangkan keunggulan geografis dan reputasi kota kelahirannya yang mana adalah transit utama untuk logistik Tiongkok. Secara lokal, ada pelanggan dan pemasok dari utara dan selatan sungai di kota itu, sehingga pasangan dapat mendirikan kios dan juga sambil mengembangkan bisnis grosir skala besar, jadi mereka memilih untuk membuka toko-toko perhiasan di Zhuji.

Setelah beberapa tahun kerja keras, kehidupan pasangan ini menjadi lebih makmur, mereka tidak hanya menghasilkan uang, tetapi juga membeli rumah dan toko di lingkungan paling mewah di Kota Zhuji, dan kemudian mendirikan Shin Kong Jewelry Co.Ltd.

Perhiasan Zhou Xiaoguang menjadi terkenal di Pameran Perhiasan Internasional dan muncul di surat kabar utama, ini juga telah menarik banyak pelanggan asing.

Sejak itu, bisnisnya semakin berkembang, dan Zhou Xiaoguang sendiri juga dipuji dan dijuluki sebagai “Ratu Perhiasan”.

Setelah sukses besar dalam industri perhiasan, Zhou Xiaoguang mulai terlibat dalam bidang lain, termasuk real estat dan bidang Internet. Meskipun keuntungan awalnya luar biasa, itu juga memiliki masalah besar.

Pada tahun 2009, karena krisis keuangan, Grup Shin Kong harus membayar kembali pinjaman bank dalam bentuk obligasi. Akibatnya, rantai investasi Zhou Xiaoguang mengalami defisit modal yang sangat besar, dan utangnya menjadi semakin besar bak bola salju.

Mereka harus menata ulang perusahaan dan mengurangi investasi lintas industri, yang membuat keadaan menjadi lebih buruk, Shin Kong Group telah gagal membayar utang sebesar 3 miliar karena kekurangan dana dalam beberapa tahun terakhir, yang telah menyebabkan reputasi perusahaan anjlok.

Zhou Xiaoguang mengalami kesulitan memulai bisnis di paruh pertama hidupnya. Dari akar nol, dia bekerja keras untuk menjadi wanita terkaya di Zhejiang. Pada puncaknya, dia memiliki lebih dari 80 miliar aset dan 33 miliar kekayaan berharga. Sekarang, untuk memperluas bisnisnya, dia tidak hanya kehilangan semua asetnya, tetapi juga berhutang lebih dari 50 miliar. Sejauh ini, kebangkrutan dan reorganisasi Shin Kong Group masih dilakukan, dan masih belum ada hasil yang jelas. (lidya/yn)

Sumber: seehua

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular