oleh Zhang Ting

Beberapa mesin terpenting dalam industri teknologi canggih dibuat di Belanda. Dengan semakin ketatnya persaingan di bidang iptek antara Amerika Serikat dengan komunis Tiongkok, pemerintah AS berusaha untuk memastikan agar teknologi canggih mereka tidak jatuh ke tangan komunis Tiongkok

Menurut laporan ‘Wall Street Journal’ pada 17 Juli, pihak berwenang Beijing terus melakukan penekanan terhadap pemerintah Belanda agar perusahaan Tiongkok dapat diizinkan untuk membeli produk utama dari produsen peralatan chip Belanda dan raksasa mesin litografi ASML Holding, berupa Extreme Ultraviolet Lithography (EUVL). Karena mesin tersebut sangat penting dalam pembuatan mikroprosesor canggih.

Mesin berbobot 180-ton per unik ini digunakan oleh perusahaan AS seperti Intel, Korea Selatan Samsung Electronics, dan pemasok Apple asal Taiwan TSMC untuk memproduksi high-end chip dari smartphone mutakhir dan perangkat seluler 5G sampai ke komputer kecerdasan buatan.

Menurut laporan itu, pemerintah komunis Tiongkok bermaksud untuk menyediakan mesin-mesin senilai USD.150 juta kepada produsen chip domestik untuk mengurangi ketergantungan raksasa smartphone Huawei dan perusahaan teknologi Tiongkok lainnya terhadap pemasok chip asing. Tetapi ASML menolak permintaan komunis Tiongkok. Pasalnya, di bawah tekanan Amerika Serikat, Belanda telah menahan izin ekspor mesin tersebut ke Tiongkok.

AS minta Belanda melarang ASML menjual perangkat EUVL ke komunis Tiongkok

Menurut pejabat AS, bahwa pemerintah Biden telah meminta pemerintah Belanda untuk melarang penjualan perangkat tersebut kepada komunis Tiongkok, dengan pertimbangan keamanan nasional. Sikap ini merupakan kelanjutan dari kebijakan mantan Presiden Trump. Pemerintahan Trump terlebih dahulu menentukan nilai strategis mesin litografi ASML dan menghubungi pejabat Belanda .

CEO ASML Peter Wennink mengatakan bahwa penggunaan kontrol ekspor yang meluas dalam jangka pendek hingga menengah, dapat mengurangi kapasitas produksi chip global dan memperburuk masalah rantai pasokan.

Tekanan dari Amerika Serikat telah membuat hubungan antara komunis Tiongkok dengan Belanda menjadi tegang. Wall Street Journal mengutip pemberitahuan dari sumber yang mengetahui masalah ini melaporkan bahwa pejabat komunis Tiongkok acap kali bertanya kepada pejabat Belanda mengapa mereka tidak bersedia mengeluarkan lisensi kepada ASML, untuk mengirimkan perangkat untuk membuat chip ke daratan Tiongkok. Tahun lalu, duta besar komunis Tiongkok untuk Belanda dalam sebuah wawancara dengan sebuah surat kabar Belanda dengan nada mengancam mengatakan bahwa jika ASML tidak diizinkan untuk mengirim mesin canggihnya ke Tiongkok, maka hubungan perdagangan antar kedua negara akan rusak.

Kurang dari sebulan setelah Biden memangku jabatan presiden, penasihat keamanan nasionalnya Jake Sullivan melakukan pembicaraan dengan rekan-rekan Belandanya tentang apa yang disebut Gedung Putih sebagai “kerja sama erat dalam teknologi canggih” antara kedua negara. Para pejabat AS mengatakan bahwa terus membatasi transaksi bisnis ASML dengan komunis Tiongkok adalah prioritas utama dalam daftar tugas Sullivan.

Tekanan dari Amerika Serikat dimulai sejak pemerintahan Trump. Deputi Penasihat Keamanan Nasional saat itu Charles Kupperman pada tahun 2019 mengundang diplomat Belanda ke Gedung Putih. “Sekutu yang baik tidak akan menjual peralatan jenis ini kepada komunis Tiongkok”, katanya kepada diplomat Belanda itu.

Dia juga menjelaskan kepada pejabat Belanda bahwa mesin ASML tidak akan dapat berfungsi tanpa suku cadang yang dipasok oleh Amerika Serikat, dan Gedung Putih berhak membatasi ekspor suku cadang ini ke Belanda.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut memberitahu Wall Street Journal bahwa masalah ini belum dibahas di internal pemerintahan Biden. Amerika Serikat sedang bekerja keras dalam membentuk aliansi negara-negara Barat untuk bersama-sama melakukan pengendalian ekspor. Langkah ini mungkin juga berdampak di luar ASML.

Komunis Tiongkok tidak dapat menghasilkan chip canggih tanpa perangkat canggih ASML 

ASML berharap dapat memproduksi 42 set perangkat mesin canggih tahun ini, dan 55 set pada tahun depan. Pada tahun 2020, komunis Tiongkok menyumbang 17% dari keseluruhan penjualan ASML. Namun, penjualan ini melibatkan mesin generasi lama. Para analis mengatakan bahwa pembuat chip Tiongkok belum dapat memproduksi chip canggih tanpa perangkat canggih ASML. Mereka memperkirakan bahwa teknologi komunis Tiongkok masih membutuhkan setidaknya sepuluh tahun untuk bisa menyamai tingkat teknis ASML.

ASML saat ini merupakan satu-satunya produsen mesin litografi Extreme Ultraviolet Lithography (EUVL) di dunia. Kepada para analis CEO ASML Peter Wennink mengatakan bahwa pembatasan penjualan kepada komunis Tiongkok tidak mengganggu bisnisnya karena permintaan di tempat lain sangat tinggi. Pada tahun 2020, omzet penjualan ASML mencapai sekitar USD. 16,5 miliar, dengan keuntungan sekitar USD. 4,1 miliar. Dalam 5 tahun terakhir, harga sahamnya telah naik tujuh kali lipat.

Washington secara langsung menargetkan larangan terhadap perusahaan Tiongkok seperti Huawei dan mencoba membujuk sekutu asing untuk membatasi penggunaan peralatan Huawei. Dikarenakan, perusahaan tersebut diduga terlibat dalam kegiatan spionase untuk kepentingan pemerintah komunis Tiongkok. Meskipun hal ini terus dibantah oleh Huawei.

Pada Mei tahun lalu, Kementerian Perdagangan AS merevisi undang-undang produk asing (Foreign Direct Product Rule) untuk melarang produsen chip yang menggunakan teknologi dan peralatan AS ,untuk menjual chip kepada Huawei tanpa izin dari pemerintah AS. Larangan ini sebenarnya mencakup hampir semua produsen chip kelas atas di dunia, termasuk TSMC.

Bloomberg mengutip sumber yang mengetahui masalah ini pada Juni tahun lalu dan mengungkapkan bahwa, larangan penjualan chip AS kepada Huawei telah membuat perusahaan telekomunikasi terbesar Tiongkok berada dalam keadaan krisis chip.

Bloomberg mengungkapkan, jika HiSilicon, perusahaan di bawa bendera Huawei berencana untuk membangun pabrik pemrosesan chip di Tiongkok yang tidak mengandung peralatan dan teknologi AS, itu adalah mimpi di siang bolong, karena membutuhkan mesin litografi EUVL yang diproduksi oleh perusahaan ASML Belanda. Ini adalah prasyarat untuk pembuatan chip generasi berikutnya. Namun, mesin litografi ASML juga menggunakan teknologi Amerika Serikat. (sin)

Share

Video Popular