Erabaru.net. Pembangunan infrastruktur dan perumahan membutuhkan biaya penebangan pohon, dan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Namun KP Singh, seorang insinyur yang peduli terhadap lingkungan dan memahami bahwa pohon itu berharga. Oleh karena itu dia membangun rumah empat lantai di pohon mangga berusia 80 tahun pada tahun 2000 tanpa merusak pohon itu.

Udaipur di India adalah tujuan wisata yang terkenal dengan sejarah, budaya, lokasi yang indah, dan istana era Rajput. Tapi, rumah pohon unik Kul Pradeep Singh telah menjadi daya tarik tersendiri sejak tahun 2000. Sebuah rumah empat lantai yang unik dibangun di atas pohon mangga berusia 80 tahun setinggi 12 meter di atas tanah.

KP Singh telah merawat pohon sambil membuat rumah impiannya dan juga sambil mengesampingkan kebutuhannya sendiri. Singh telah mendesain rumah sesuai dengan cabang-cabang pohon.

Beberapa cabang pohon digunakan sebagai sofa dan beberapa sebagai dudukan TV. Meskipun rumah ini dibangun di sekitar pohon, ia memiliki semua kebutuhan dasar seperti dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, dan bahkan perpustakaan. Cabang-cabang pohon keluar dari dinding dapur dan kamar tidur dan buah-buahan juga tumbuh di dalam rumah!

Menghabiskan masa kecilnya di Ajmer, Kul Pradeep Singh berpikir Udaipur adalah tempat terbaik untuk menetap. Rencana pertamanya adalah membeli tanah dan meletakkan fondasi rumahnya. Tetapi setelah mengetahui tentang sejarah tanah itu, seluruh rencana itu berubah. Tempat ‘Rumah Pohon’ Kul Pradeep sebelumnya disebut ‘Kunjro ki Badi’.

Berbicara kepada media, Kul Pradeep Singh mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di sini dulunya menanam pohon buah-buahan dan mencari nafkah dengan menjual buah-buahan, tetapi ketika wilayah kota meluas, deforestasi dimulai. Ada sekitar empat ribu pohon ditebang di daerah itu. Oleh karena itu ia bertanya kepada dealer propertinya apakah sebuah rumah dapat dibangun tanpa menebang pohon. Jawabannya adalah tidak

Alih-alih menebang pohon, disarankan untuk mencabutnya dan menanamnya di tempat kosong lain, tetapi jatuhnya akan lebih mahal, jadi ide ini juga tidak berhasil.

Kul Pradeep tidak ingin pohon mangga yang sudah berumur bertahun-tahun ditebang karena rumahnya. Itu sebabnya dia meminta untuk membangun rumah di atas pohon itu sendiri.

Kul Pradeep melakukan rekayasa dari IIT dan dia mampu mewujudkan idenya secara nyata, sehingga dia mendesain rumahnya sendiri di atas pohon tanpa menyebabkan kerusakan pada pohon tersebut.

Bangunan ini, dimulai 1 meter di atas tanah, memiliki tangga yang dikendalikan dari jarak jauh. Tidak hanya itu, sebelum membangun rumah, ia membuat empat tiang di sekeliling pohon.

Di antaranya salah satu tiangnya berfungsi sebagai ‘penghantar listrik’, sehingga jika petir menyambar saat musim hujan, tidak merusak pohon. Semen tidak digunakan di manapun dalam pembangunan rumah ini, seluruh struktur rumah dibangun dari baja. Dinding dan lantai rumah terbuat dari lembaran selulosa dan serat.

Cabang-cabang pohon terlihat di kamar-kamar dan lubang-lubang besar dibiarkan di dinding untuk mendapatkan sinar Matahari dan membiar pohon dapat tumbuh secara alami.

Dapur, kamar mandi, dan ruang makan dibuat di lantai satu dan kamar mandi, perpustakaan dibuat di lantai dua. Ada juga kamar di lantai tiga yang atapnya bisa dibuka dari atas.

Tidak hanya perpustakaan dan TV, rumah pohon ini juga memiliki semua fasilitas yang diperlukan seperti lampu, kipas angin, dan lemari es.

Meskipun memiliki kipas angin, rumah KP Singh sangat keren dan tidak perlu ada. Karena kondisi kesehatan ibunya, Kul Pradeep telah membangun rumah lain di dekatnya sehingga ibunya dapat tinggal dengan nyaman, tetapi KP Singh tinggal dengan nyaman di rumah pohon impiannya sendiri.

Rumah pohon unik ini masuk dalam Limca Book of Records dan KP Singh juga sedang mempersiapkan untuk mendaftarkan ke Guinness World Records.

Rumah pohon juga merupakan daya tarik wisata lokal bagi mereka yang datang mengunjungi Udaipur dan ingin belajar pentingnya alam dan teknik arsitektur.

Kul Pradeep Singh mengatakan bahwa ada kebutuhan besar bagi orang-orang untuk memahami konsep rumah pohon. Sementara banyak yang mengadopsi ide itu, untuk memfasilitasi rumah pohon, orang-orang memotong ranting yang tidak baik untuk pohon.

Jadi jika Anda mengunjungi Udaipur lain kali, Anda harus menambahkan rumah unik ini dalam rencana perjalanan Anda karena Ini telah menjadi contoh dari perlindungan lingkungan. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular