Erabaru.net. Seekor gajah Afrika diselamatkan oleh tim penyelamat setelah penduduk setempat menemukannya terjebak dalam lumpur besar .

Masyarakat setempat yang peduli memanggil penyelamat termasuk dokter hewan dan konservasionis Dr. Kieran Avery, 34 tahun, yang juga mengambil dan membagikan gambar penyelamatan yang luar biasa.

Rupanya, penyelamat telah menghadapi situasi serupa sebelumnya dan mereka hanya membutuhkan traktor dan beberapa tali untuk melakukan operasi penyelamatan.

Dr Avery mengatakan: “Pagi-pagi, kami menerima telepon dari masyarakat yang mengabarkan ada gajah yang terjebak. Mengingat pengalaman kami dalam upaya mengeluarkan gajah yang terjebak dalam lumpur, kami segera melakukan mobilisasi untuk membantu. Anggota komunitas mengirimi kami foto untuk memandu kami tentang apa yang perlu dilakukan untuk menyelamatkannya.”

Itu adalah gajah betina yang terjebak dalam lumpur di tepi bendungan, dan dia benar-benar tidak bisa bergerak.

Ketika penyelamat tiba, gajah itu terlihat sangat sedih dan takut, namun ia berjuang untuk hidupnya, itu adalah sesuatu yang membuat penyelamat bersemangat dan mereka akan melakukan segalanya untuk membebaskan gajah malang itu.

“Untuk membebaskan gajah sebesar ini, Anda harus memiliki alat yang tepat. Ini termasuk traktor, tali pengikat, belenggu, dan pengetahuan tentang perilaku gajah. Tali harus ditempatkan di sekitar pantat dan di bawah ekor gajah. Sementara traktor mulai bergerak, kami mengamati gajah dan posisi tali, jika semuanya terlihat baik, traktor akan terus menarik sampai gajah keluar dari lumpur dan ditempatkan di tempat yang aman. Tidak perlu tim besar, hanya segelintir dari kita dengan alat yang tepat, kita sudah dapat menyelamatkan gajah,” kata Dr. Avery.

Meskipun kelihatannya seperti pekerjaan sederhana, seluruh prosedur memakan waktu lebih dari satu setengah jam, dan bagian paling penting adalah memasang tali dengan baik dan memindahkannya tanpa menyebabkan cedera besar.

Untungnya, misi penyelamatan tersebut berhasil dan akhirnya gajah itu berhasil bersatu kembali dengan kawanannya yang lain.

“Gajah adalah hewan yang luar biasa dengan kehadiran yang sangat besar. Berada dekat dengannya membuat Anda menyadari betapa kuat dan cerdasnya mereka. Mata mereka menangkap Anda dan Anda dapat melihat emosi mereka dalam ekspresi mereka. Ini adalah pelajaran tentang kerendahan hati. Bagi saya, tidak ada yang lebih baik daripada melihat gajah liar berkeliaran dengan bebas melalui alam, dan dapat terbebas dari jebakan maut yang tak terhindarkan serta melihatnya berjalan kembali ke padang pasir di mana ia berada, sungguh luar biasa,” Dr Avery menambahkan.

Penyelamatannya membuat semua aktivis dan pecinta hewan sangat gembira, terlebih lagi setelah diketahui bahwa gajah Afrika berada dalam risiko besar kepunahan dan merupakan bagian dari Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Makhluk raksasa dan menggemaskan ini menjadi korban perburuan, serta hilangnya habitat mereka.

Berkat misi penyelamatan yang luar biasa ini, seekor gajah Afrika dapat terus menikmati umur panjang. Mereka adalah pahlawan yang dibutuhkan dunia dan kita harus membuat mereka dikenal. Membagikan! (lidya/yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular