Erabaru.net. Banyak dari kita pernah pergi ke sirkus, dengan bayangan dapat melihat gajah, singa, dan hewan liar lainnya sedekat mungkin. Tentu saja, semua ini dilatarbelakangi oleh semangat kita untuk mereka tanpa ada niat buruk.

Kenyataannya ada beberapa spesimen yang dipamerkan di arena pertunjukan ini yang yang akhirnya dikembalikan ke alam. Seperti halnya Big Boy, gajah Asia yang sangat besar dengan berat lebih dari empat ton yang berhasil diselamatkan April lalu dari aib di mana ia hidup selama bertahun-tahun.

Hewan yang luar biasa itu dibeli dari keluarga pemilik sirkus Rolex, dan dilepaskan di cagar alam Ostok , dirancang dan dibangun di atas lahan seluas 21 hektar, lebih dari dua puluh kilometer di utara Kota Culiacán, Sinaloa, di Meksiko.

Ada trailer besar untuk memindahkan pachyderm dengan lebih nyaman. Setelah menyesuaikan diri dengan rumah barunya, berat badan Big Boy mulai bertambah dan mampu menstabilkan diri dengan lebih mudah. Perjalanan ke tujuan barunya tidak selalu berjalan lancar karena hujan deras, dia pun terpaksa menunda perjalanan.

“Akibat kondisi cuaca, tempat habitat alami ini memiliki curah hujan yang tinggi, jadi tim pengelola satwa liar harus menunggu kondisi cuaca membaik,” ujar juru bicara suaka satwa liar tersebut.

 

Sementara itu, Ernesto Zazueta, presiden Asosiasi Kebun Binatang, Criaderos, dan Akuarium Meksiko, menyatakan bahwa gajah tua ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di panggung sirkus, tidur di tempat terbuka dan sangat kekurangan makanan.

Dia juga memberi tahu kami tentang situasi Big Boy, mengatakan bahwa dia menghabiskan tiga bulan di Kebun Binatang Culiacán, di mana dia menerima perawatan medis, dietnya dipantau dan itu menjadi salah satu atraksi baru yang ditawarkan tempat ini hari ini.

“Hewan besar itu telah menyenangkan semua orang yang telah bertemu dengannya. Hari ini mewakili daya tarik utama yang dapat kami tawarkan kepada pengunjung kami yang terhormat, ”kenang Zazueta.

Namun, pahlawan sejati dari cerita ini adalah aktivis lingkungan, Arturo Islas Allende, yang dengan dukungan pengusaha gastronomi, Jorge Cuervas, berhasil membeli hewan itu dan memindahkannya dari tempat yang tidak pantas ini.

Untungnya, Big Boy memiliki keberuntungan untuk mengetahui sesuatu yang lebih dari kesendirian dan kurungan, hari ini dia dapat dengan bebas merasakan Matahari bersinar dan Bumi yang segar di bawah kakinya. Namun, sayangnya, tidak semua seberuntung Big Boy.

Bagikan kisah Big Boy dengan teman-teman Anda. Rumah baru gajah yang dibuat menyerupai habitat aslinya akan segera menjadi kawasan suaka margasatwanya ! (lidya/yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular