Erabaru.net. Dahulu kala, ada sepasang suami istri yang tinggal di pinggir sebuah hutan di bawah gunung. Nama suaminya adalah Dali, seorang penebang kayu, dan istrinya adalah Danniang. Suatu hari sang istri sedang tidak enak badan, setelah mereka memanggil dokter untuk memeriksa, dokter mengatakan bahwa Danniang sedang hamil. Mendengar itu Dali sangat senang.

Konon, dia dan istrinya telah menikah selama tiga tahun, dan mereka tidak kunjung memiliki anak. Mereka mendengar bahwa bersembahyang untuk meminta sesuatu di Kuil Guanyin yang berada di lereng gunung akan sangat manjur, mereka pun datang ke sana untuk meminta seorang anak.

Ketika Dali dan Danniang pulang dari kuil, mereka bertemu dengan seekor Harimau di jalan. Harimau itu sedang menatap anak-anak singa yang baru berumur beberapa hari yang sedang ditinggal induknya, dan terlihat seperti ingin memakan anak singa. Melihat anak-anak singa itu dalam bahaya dimangsa harimau, mereka pun memutuskan untuk menyelamatkan anak singa itu dari mangsa harimau.

Dali mengambil tongkat kayu yang besar untuk mengusir harimau. Harimau itu menjadi agak takut ketika melihat Dali memegang tongkat kayu, harimau itu takut dan lari meninggalkan anak-anak singa itu.

Setelah mengusir harimau itu, mereka bertemu dengan induk singa yang baru pulang berburu. Rupanya induk singa melihat Dali mengusir harimau untuk melindungi anaknya, singa itu langsung berlutut di tanah dengan kaki depannya, dan bersujud di depan Dali.

Dali pun melambai-lambaikan tangannya ke arah singa, dan pulang ke rumah bersama istrinya.

Tiga tahun pun telah berlalu dan sampai pada saat musim hujan. Hari itu hujan turun cukup deran. Dali dan istrinya sedang bermain dengan anak mereka di rumah. Tiba-tiba, ada suara keras di pintu, dan seekor singa masuk ke dalam rumah dan mengambil putranya yang sedang bermain.

Dali dan istrinya segera mengenali bahwa singa tersebut adalah induk singa yang bersujud kepada mereka tiga tahun lalu. Pasangan itu melihat anak itu dibawa pergi oleh singa itu, dan mereka pun buru-buru mengejarnya.

Singa itu berlari cepat dengan anak mereka di mulutnya dan berlari ke atas gunung. Dali dan istrinya terus mengejar singa itu, mereka menemukan singa masuk ke gua.

Pasangan itu saling memandang dan hendak memasuki gua. Tiba-tiba, mereka mendengar suara gemuruh di bawah gunung. Ketika pasangan itu menoleh ke belakang, mereka melihat lautan yang luas, dan banjir telah memenuhi seluruh desa.

Setelah pasangan itu berjalan ke dalam gua, mereka menemukan bahwa singa besar itu telah pergi, dan putra mereka sedang duduk dan bermain di tanah.

Pasangan itu pun buru-buru memeluk putra mereka dan bersujud ke singa besar di luar gua. Karena mereka tahu bahwa singa besar inilah yang menyelamatkan nyawa seluruh keluarga mereka.(lidya/yn)

Sumber: hknews

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular