Erabaru.net. Amerika Serikat kembali mengirimkan bantuan sebanyak 3,5 juta dosis vaksin COVID-19 Moderna ke Indonesia. Kedatangan jutaaan vaksin tersebut sebagai tambahan dari 4.5 juta dosis vaksin yang sebelumnya disumbangkan ke Indonesia.

“Untuk memperlambat lonjakan kasus ini, menjadi penting untuk bekerja cepat dan mendapatkan sebanyak mungkin vaksin yang aman dan efektif agar dapat diberikan kepada masyarakat secepatnya” kata Duta Besar AS untuk Indonesia,  Sung Y. Kim dalam siaran persnya.

Ia mengatakan, Amerika Serikat dengan bangga dan gembira dapat mengambil peran untuk membantu mengakhiri pandemi COVID-19 dengan kontribusi dosis vaksin ke Indonesia.

Pengiriman ini dikirim melalui COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung pemberian akses yang merata terhadap vaksin COVID-19.

Amerika Serikat memberikan kontribusi bersejarah senilai 4 miliar dollar AS dari rakyat Amerika melalui Gavi, Aliansi Vaksin untuk COVAX AMC. Kontribusi AS mendukung pembelian dan pengiriman vaksin COVID-19 untuk 92 negara, termasuk Indonesia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya mengatakan, sebagai hasil diskusi yang intensif baik dengan Menlu AS Blinken maupun dengan NSA Jack Sullivan, Amerika Serikat telah memberikan tambahan dukungan vaksin Dose-Sharing AS melalui Covax Facility, sebanyak 3.5 juta dosis, yang tiba saat ini di Jakarta.

Ia mengatakan, kedatangan vaksin ini adalah ketibaan vaksin Moderna dari AS tahap 3. Retno juga menyampaikan, sebelumnya Indonesia telah menerima 4.500.160 dosis vaksin dari AS dalam 2 tahap yakni 3,000,060 dosis dan 1,500,100 dosis.

“Dengan kedatangan hari ini, maka jumlah vaksin Moderna, dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui Covax Facility yang telah diterima Indonesia adalah 8,000,160 dosis vaksin jadi. Besok Senin, 2 Agustus 2021, sekitar pukul 15.40, Indonesia juga akan menerima 620,000 vaksin Astra Zeneca dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari Pemerintah Inggris,” ujarnya, Minggu (01/08/2021). (asr)

Share

Video Popular