Erabaru.net. Pada dahulu kala, ada seorang tukang cukur yang cukup terkenal. Ia terampil dan memiliki banyak pelanggan. Selama bekerja, dia selalu berbicara untuk menghibur dan mencerahkan pelanggannya.

Suatu hari, seorang pelanggan datang kepadanya. Sambil memotong rambut, tukang cukur mengajak pelanggan mengobrol. Ketika sampai pada topik tentang Tuhan, dia mengatakan bahwa dia tidak percaya adanya Tuhan.

Pelanggan bertanya apa alasannya, tukang cukur itu menggambarkan rasa sakit, kemiskinan, dan penderitaan yang harus dijalani oleh orang-orang, di mana-mana.

Tukang cukur itu berpendapat bahwa jika Tuhan itu ada, yang penuh kasih dan perkasa, maka seharusnya Dia menghapus penderitaan manusia.

Setelah rambutnya dipotong, pelanggannya keluar dari tempat cukur itu. Di jalan, dia melihat orang gila dengan rambut panjang dan kotor, serta jenggot yang tidak rapi.

Pelanggan itu kembali ke salon dan berkata kepada tukang cukur,: “Sekarang saya yakin bahwa tidak ada tukang cukur di jalan ini.”

“Mengapa kau katakan seperti itu?” tanya tukang cukur itu dengan tak percaya.

Sambil menunjuk ke orang gila, pelanggan itu berkata,: “Jika ada seorang tukang cukur di sini, bagaimana bisa pria yang memiliki rambut panjang dan kotor, serta jelek seperti itu?”

Tukan cukur membela diri dan berkata,: “Saya tukang cukur terbaik di kota ini. Ada beberapa tukang cukur di jalan-jalan lainnya. Orang yang gila itu tidak datang ke salah satu dari kami untuk memotong rambut. Itu bukan kesalahan kami.”

Pelanggan itu berkata, : “ Itu benar. Sama seperti tukang cukur, Tuhan juga ada. Masalahnya adalah orang-orang seperti Anda tidak pernah mencari-Nya dan tidak meminta pertolongannya. Itulah mengapa Anda menemukan begitu banyak kesedihan dan penderitaan.”

Tukang cukur itu pun tidak bisa berkata lagi.(lidya/yn)

Sumber: facebook

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular