Erabaru.net. Common Baron Caterpillar adalah ahli kamuflase sejati. Ketika dia memposisikan dirinya dengan sempurna di atas daun pohon mangga, dia hampir tidak mungkin terlihat, bahkan walau Anda tahu dia ada di sana.

Beberapa hewan secara alami mengembangkan kamuflase untuk membuat diri mereka lebih sulit dikenali oleh pemangsa, beberapa menyatu dengan lingkungan alami mereka dengan sempurna.

Ulat Baron (Euthalia aconthea), makhluk asli India dan Asia Tenggar ini sangat cocok dalam kategori yang terakhir. Dia telah berevolusi untuk berbaur dengan latar belakang pilihannya dengan sangat baik sehingga hampir tidak mungkin untuk terlihat.

Kupu-kupu nymphalid bertelur di belakang daun mangga, dan dari telur inilah master kamuflase yang dikenal sebagai baron biasa muncul. Seiring bertambahnya ukuran, larva mengembangkan garis kuning di punggungnya, dan ekstensinya yang seperti jarum pinus membantunya menavigasi lingkungan mereka dengan lebih baik.

Dilihat dengan sendirinya, ulat baron biasa tidak terlihat begitu mengesankan. Jika ada, ekstensi seperti cabang di kakinya akan terlihat aneh. Tapi jika melihatnya di habitat aslinya, sejajar sempurna dengan batang daun mangga besar (makanan favoritnya) adalah cerita yang berbeda.

Bahkan jika Anda memang mengetahui bahwa ada seekor ulat sedang duduk di atas daun mangga, Anda benar-benar harus fokus untuk membedakannya dari latar belakangnya, itu menunjukan betapa efektifnya kamuflase alaminya. Baron biasa berevolusi menjadi ahli kamuflase untuk meningkatkan peluangnya menghindari pemangsa hingga mencapai tahap kupu-kupu.

Kupu-kupu nymphalid hampir tidak pandai berbaur dengan lingkungannya, dengan jantanya yang berwarna coklat dan betinanya yang berwarna hijau pucat. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular