Erabaru.net. Bagi kebanyakan orang, berjalan kaki tampaknya bukan hal yang istimewa. Itu hanyalah sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Namun, jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga terbaik. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bentuk latihan sederhana ini memiliki berbagai manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, kemampuan berpikir, dan memperkuat keterampilan komunikasi.

Penulis artikel kebugaran CNN, Dana Santas mengatakan bahwa jalan kaki adalah hal yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang, tetapi sesungguhnya ia merupakan olahraga yang membantu mengatur pikiran, fisik dan mental, serta membakar lemak tubuh.

Dana Santas adalah ahli stamina dan pengkondisian yang bersertifikat dan pelatih psikosomatik dalam olahraga profesional.

“Saya berjalan setiap hari,” kata Dana Santas.

Penulis lepas CNN Melanie Radzicki McManus yang ahli dalam pengetahuan perjalanan dan kesehatan merangkum 10 hal berikut tentang berjalan kaki yang perlu kita ketahui :

Berjalan kaki meningkatkan kesehatan kita

Berjalan kaki dapat membantu kita menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan manfaat lainnya.

Dalam sebuah laporan khusus yang berjudul “Berjalan untuk Kesehatan” yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, disebutkan bahwa berjalan kaki dapat lebih efektif dalam melawan penyakit dan kondisi kesehatan lainnya jika dibandingkan dengan hampir semua tindakan lain yang bertujuan sama.

Ambil contoh : berjalan selama dua setengah jam seminggu, atau berjalan kurang dari 22 menit sehari, dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30%.

Meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantu memperbaiki fungsi otak.

Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa ada hubungan antara berjalan kaki dan memiliki lebih banyak materi abu-abu di otak.

Misalnya, sebuah penelitian dari University of Virginia di Charlottesville menunjukkan bahwa berjalan kaki mengurangi risiko demensia (pikun) pada pria yang berusia tua.

Memperbaiki suasana hati (mood) dan menurunkan tekanan

Bahkan berjalan kaki selama beberapa menit sehari saja dapat menurunkan kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Jika kita berjalan kaki di alam terbuka, efeknya akan lebih kentara. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan demikian ini bermanfaat dalam banyak hal.

Kita dapat memperkuat otot, tulang, dan persendian dengan berjalan kaki. Saat kita berjalan, kaki dan otot perut kita sedang dilatih, dan jika kita menggerakkan lengan atau menggunakan tongkat pendakian, lengan kita juga dilatih.

Tulang kita juga akan mendapat manfaat, karena jalan kaki adalah olahraga menahan beban, yang sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Saat kita berjalan kaki, olahraga kita ini membantu membawakan oksigen dan nutrisi ke tulang rawan artikular kita. Karena tidak ada suplai darah langsung ke tulang rawan artikular.

Berjalan membuat kita lebih energik dan membantu tidur

Terapi jalan kaki dapat membantu seseorang menjadi lebih energik, termasuk mereka yang menderita insomnia pun tak perlu khawatir.

Menurut laporan yang diterbitkan Arthritis Foundation, perempuan berusia antara 50 hingga 75 tahun yang berjalan selama satu jam setiap pagi, cenderung menderita insomnia lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berjalan kaki.

Olahraga yang aman dan sederhana

Bagi pemula, jalan kaki adalah olahraga yang aman dan sederhana.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, sekitar 17% hingga 50% orang Amerika tidak menyukai olahraga, meski proporsinya bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya.

Evan Matthews, profesor ilmu olahraga dan pendidikan jasmani di Montclair State University di New Jersey mengatakan bahwa bagi orang-orang ini, berjalan kaki merupakan latihan buat jantung dan paru-paru yang terbaik bagi mereka.

Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, berjalan kaki juga aman dan merupakan salah satu tingkat cedera olahraga yang paling rendah.

Evan Matthews menjelaskan bahwa bagi mereka yang tidak memiliki stamina untuk menyelesaikan jalan kaki selama 30 menit, dapat membaginya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit di tempat kerja, 10 menit saat istirahat makan siang, dan 10 menit di rumah setelah pulang kerja. Tetapi hal seperti ini sulit dilakukan Jika kita berolahraga di dalam gym.

Berjalan bisa menjadi latihan yang intens

Jika seseorang berkeinginan untuk meningkatkan intensitas, ia bisa mencoba berjalan santai diselingi dengan beban di tangan atau pergelangan kaki, tetapi tidak terlalu berat yang mempengaruhi postur tubuh. Atau dengan mengenakan ransel yang terisi penuh di punggung. Pilihan lain adalah : naik turun gunung berkali-kali, berjalan menaiki bukit, lalu turun beberapa kali berturut-turut.

Tidak perlu berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap hari

Meskipun banyak kelompok yang mengatakan bahwa berjalan 10.000 langkah setiap hari baik untuk kesehatan, sebuah penelitian yang didukung oleh National Institutes of Health yang diterbitkan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa studi ini menemukan pada terbukti wanita yang lebih tua yang berjalan hanya 4.400 langkah sehari sudah memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada wanita seusia yang hanya berjalan 2.700 langkah sehari. Meskipun tidak ada salahnya berjalan kaki sebanyak yang bisa dilakukan, tetapi manfaat stabilnya ada di sekitar 7.500 langkah.

Berjalan kaki membantu membangun ikatan keluarga

Berjalan-jalan dengan anggota keluarga dapat mempererat hubungan dan komunikasi, mengurangi masalah perilaku anak, bahkan meningkatkan keberhasilan dalam studi. Dan jalan kaki juga bermanfaat untuk menjaga hubungan pernikahan yang baik.

Dana Santas mengatakan : “Seorang pria memberitahu saya, berjalan bersama istrinya telah menyelamatkan pernikahannya”.

Ketika istrinya itu mulai menemani suaminya melakukan olahraga berjalan kaki rutin, pasangan itu sedang berada di ambang perceraian.

“(Sambil berjalan) mereka mulai berkomunikasi dengan cara yang belum pernah dicoba sebelumnya, hasilnya adalah mereka bersatu kembali,” kata Santas.

Membangun ikatan komunitas

Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang sering berjalan kaki di sekitar lingkungan mereka, tingkat kejahatan menurun. Jalan-jalan teratur juga merupakan cara yang baik untuk mengenal tetangga. Ikatan sosial bernilai penting bagi semua orang di usia berapa pun.

Jalan kaki tidak perlu biaya dan lokasinya tidak terbatas

Tidak perlu membeli kartu keanggotaan gym yang mahal untuk berolahraga jalan kaki. Pakai sepatu saja dan pergi keluar rumah sudah cukup. Jika cuaca buruk, kita dapat mencari tempat yang cocok untuk berjalan kaki, seperti pusat perbelanjaan atau sekolah. Kita bahkan dapat berjalan kaki di sekitar rumah, tidak perlu jauh-jauh.

Penelitian baru menemukan bahwa orang harus aktif sepanjang hari untuk kesehatan yang optimal.

Evan Matthews mengatakan : “Berjalan selama 5 menit setiap jam akan sangat membantu. Bahkan tidak perlu dengan intensitas sedang. Cukup dengan bergerak ringan saja”.

Catatan penting: Sebelum memulai program latihan baru apa pun, untuk berkonsultasi dengan dokter. Jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman, segera berhenti.(sin/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular