Erabaru.net. Penting bahwa sejak usia dini semua anak belajar dari teladan orangtuanya, salah satunya dalam menjaga lingkungan. Di atas segalanya, di masa-masa ini, di mana pemanasan global memengaruhi seluruh populasi, perlu untuk menciptakan kesadaran tentang tindakan yang dapat kita ambil sebelum terlambat.

Meskipun hanya dengan tindakan kecil, kita dapat menghasilkan perubahan luar biasa di planet ini, seperti, misalnya, mengurangi penggunaan plastik, menggunakan kembali, mendaur ulang, dan menemukan cara untuk menghasilkan lebih sedikit sampah dengan konsumsi yang bertanggung jawab.

Raphael, seorang anak laki-laki yang tinggal di Paris, Perancis ini telah mendedikasikan dirinya untuk membersihkan sampah dari Sungai Seine menggunakan magnet.

Sejak akhir 2019, Raphael merancang mekanisme untuk mengankat sampah dari sungai dan dengan demikian dia telah menangkal konsekuensi buruk dari tindakan manusia terhadap lingkungan.

Sungai Seine dianggap sebagai sungai yang paling penting di Perancis, namun pada tahun 1960 dia dianggap tidak bernyawa secara biologis, sejak itu, undang-undang dan proyek perlindungan hewan telah muncul untuk memulihkan ekosistem sungai.

Meskipun tingkat pencemaran di sungai sekarang telah menurun dan sudah jauh dari jernih. Raphael telah mengumpulkan berton-ton besi tua.

Dia telah menemukan dan mengangkat skuter listrik, sepeda, gerobak kelontong dan banyak benda lainnya keluar dari sungai.

Raphael memutuskan untuk membersihkan air sungai setiap akhir pekan, dia berdedikasi untuk “memancing dengan magnet”. Dia juga terinspirasi dari video yang dia lihat di YouTube.

 

“Saya mulai melihat seorang YouTuber bernama Chrisdetek, yang juga memancing dengan magnet dan pengangkat. Melihat semua sampah yang terkumpul, saya memutuskan untuk melakukan hal yang sama, ”kata Raphael.

Orangtua Raphael terkejut ketika dia meminta kait, sarung tangan, tali, dan magnet untuk hadiah Natal. Ketika mereka tahu tujuannya, mereka mendukungnya tanpa ragu-ragu.

 

Anak laki-laki itu menjelaskan prosedurnya: “Untuk memancing, magnet harus dikaitkan ke ujung tali dan dilemparkan ke dalam air. Ketika kita merasakan sesuatu bergerak, kita menariknya menggunakan sejenis pengait besar yang mengambil bagian dari objek dan membantu kita menariknya.”

Selama dia mengabdikan dirinya untuk melakukan pekerjaan yang berharga ini, Raphael telah menemukan beberapa benda yang agak tidak biasa, seperti bayonet 1874, guci dan sepeda motor Yamaha 250 kg.

Raphael selalu pergi ke sungai ditemani ayahnya, yang menjaga keamanannya juga. Ayahnya telah melarang dia untuk memindahkan benda-benda yang tidak dapat diidentifikasi. Larangan tersebut ditetapkan karena ia pernah menemukan granat dan khawatir dengan apa yang bisa terjadi dengan alat berbahaya tersebut.

Raphael kecil telah mengambil banyak benda dari sungai sejak ia memulai pekerjaannya, sebagian besar dari semua benda akan didaur ulang.

Ketika dia menemukan sebuah objek yang sangat menarik dengan nilai sejarah, maka dia akan pergi bersama ayahnya ke sebuah ruang yang mereka tetapkan sebagai “museum”.

Di ruang bawah tanah gedung tempat mereka tinggal, mereka memiliki area yang didedikasikan untuk benda – benda tidak biasa yang membuat mereka dapat merasakan perjalanan ke masa lalu.

Raphael sangat peduli dengan pencemaran planet ini , selain membersihkan sungai terbesar di negaranya, ia mencoba menggunakan plastik sesedikit mungkin dan mendaur ulang.

Anak ini memberi kita semua contoh bagaimana kita harus menjaga planet kita, inilah saatnya untuk melakukan sesuatu walau hanya tindakan kecil, kita semua dapat berkontribusi dengan cara yang berbeda untuk mengurangi kerusakan akibat polusi.

Sikap orangtua Raphael yang telah memutuskan untuk mendukugnnya juga patut diacungi jempol. (lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular