Erabaru.net. Sikap seorang pria berusia 68 tahun yang memperbaiki kerusakan lingkungan yang dilakukan orang lain terhadap lingkungan ini telah menyentuh hati ribuan orang.

Rajppan Chettan, setiap hari dia pergi dengan sampannya untuk membersihkan sungai, mengumpulkan semua sampah yang dia lihat di Kerala, India.

Nandu adalah seorang fotografer yang berada di area tersebut untuk mengambil gambar dengan lensanya ketika dia memperhatikan apa yang sedang dilakukan Rajppan. Dia memutuskan untuk mengambil fotonya yang kemudian dia bagikan di jejaring sosial.

Yang paling menarik perhatiannya adalah pria itu mengumpulkan sampah dari sungai dan tidak memiliki kaki , tetapi itu tidak membatasi kesediaannya untuk berkontribusi pada planet ini.

Penduduk daerah itu sangat mengenal Rajppan, yang setiap hari berusaha menjaga aliran sungai tetap bersih.

“Saya hanya melakukan semampu saya,” kata pria rendah hati yang mengumpulkan sampah plastik yang akan dia jual untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Berkat penjualan plastik yang dia kumpulkan, dia memperoleh sekitar 12 rupee sehari atau setara dengan Rp 2.332 dengan itu Anda hampir tidak bisa makan.

Perdana Menteri India yang mengetahui kasus Rajppan berkat penyebaran foto-fotonya ingin berbicara secara terbuka untuk memberi selamat kepada fotografer dan pria itu.

Bagi Nandu, dia senang bisa memotret pria yang menunjukan semua orang bahwa tidak ada kemustahilan jika Anda memiliki kemauan.

“Saya selalu ingin memotret sebuah momen dengan sebuah cerita yang hidup, salah satunya dengan cara yang lebih baik daripada berjalan-jalan dengan kamera melalui kota saya sendiri. Melewati berbagai rute, jalan, mencari cerita. Ratusan wajah, orang, rumah, dan lainnya. Tapi sepertinya tidak ada yang semenarik hari itu bagi saya,” tulis sang fotografer.

Nandu adalah seorang insinyur, tetapi hasratnya adalah melakukan fotografi sehingga ketika dia menemukan senyum Rajppan yang berada di atas sampannya di sungai, dia menegaskan bahwa bercerita melalui foto adalah hal yang paling dia sukai.

Nandu bercerita saat dia bertemu dengan Rajppan.

“Suatu hari, dalam perjalanan saya yang biasa dengan kamera, saya berada di jembatan di atas sungai bersama seorang teman. Dia memintaku untuk memotretnya. Ketika saya melakukannya, saya melihat pria di dalam perahu, yang, dimana hanyalah pemandangan biasa di kota kami. Apa yang membuat pemandangan ini berbeda adalah dia mengambil sesuatu dari sungai. Terlebih lagi, saya melihat bagaimana ada orang yang meninggalkan botol di sungai saat dia mendekat. saya menjadi penasaran, makanya saya memotretnya ,” ujarnya.

Antara Nandu dan Rajppan muncul persahabatan yang berlanjut hingga hari ini.

“Dia tersenyum padaku dan aku tahu arti sebenarnya dari menjadi seorang fotografer,” kata Nandu terharu.

Rajppan telah memenangkan hati semua orang, Nandu membagikan kisahnya yang telah mendapatkan komentar kagum dari ribuan orang di seluruh dunia.

“Rajppan Chettan tidak bisa berjalan, dia dilahirkan dengan masalah ini pada anggota tubuhnya. Dia telah mengumpulkan botol plastik dari sungai. Sekarang semua menjadi masuk akal, mengapa orang memberinya botol plastik ketika dia mendekat. Setiap hari Rajppan, terlepas dari kondisinya, dia menaiki sampannya, mengayuh menyeberangi Sungai Meenachil dan mengumpulkan botol-botol itu, ”kata fotografer yang menjadi temannya.

“Sampannya penuh botol plastik yang akan dia jual agar dia dapat menghasilkan uang dan mencukupi kebutuhan makannya. Orang-orang kota sangat bersolidaritas dengannya dan meninggalkan botol-botol di sungai saat dia mendekat,” tambahnya.

Apa yang dilakukan Rajppan Chettan, menurut Nandu, jauh lebih berharga daripada yang kita lakukan.

“Dia membersihkan sungai setiap hari dan pada saat yang sama juga mencari nafkah darinya,” ujarnya.

Insinyur dan fotografer itu mengaku bahwa dia selalu bertanya-tanya bagaimana rasanya menemukan hasratnya dan dia baru menemukannya ketika dia bertemu Rajppan.

Dia menunjukkan foto itu kepada pria yang rendah hati itu dan ketika dia melihatnya dia tersenyum. Sejak dia berbagi cerita ribuan orang telah menawarkan dukungan kepada Rajppan, hidupnya berubah dan meningkat pesat berkat solidaritas yang muncul setelah foto-fotonya.

Rajppan menerima kursi roda listrik, rumah baru dan perahu listrik. Itu adalah beberapa hadiah yang mereka kirimkan untuknya.

Sangat menyenangkan melihat bagaimana media sosial dapat berfungsi untuk menggabungkan kekuatan dan mempromosikan solidaritas dengan mereka yang paling membutuhkannya. Gerakan Nandu dan karya Rajppan adalah sumber inspirasi bagi dunia.(lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular