Erabaru.net. Di Somerset, Inggris, seorang pensiunan yang tidak ingin disebutkan namanya menemukan mahkota zaman Yunani kuno berusia 2.300 tahun yang dikemas dalam beberapa koran kusut di kotak kardus tua di bawah tempat tidurnya.

Menurut Daily Mail, yang mewawancarai pria itu, dia memiliki banyak harta yang ditinggalkan oleh kakeknya, seorang pengelana dan kolektor dunia yang berpengalaman.

“Saya mewarisi cukup banyak hal darinya dan saya mengesampingkan hal ini selama hampir satu dekade dan tidak benar-benar memikirkannya,” kata pria tua itu kepada Daily Mail.

Dia mengambil mahkota emas, bersamaan dengan beberapa barang lainnya, untuk dinilai oleh rumah lelang terdekat, Duke’s of Dorchester, sekitar lima tahun yang lalu.

Di sanalah mahkota itu ditemukan oleh salah satu penilai, Guy Schwinge, dia menggambarkan momen tak terlupakan itu kepada Daily Mail.

“Ketika pemiliknya menarik karangan bunga emas dari kotak kardus lusuh berisi kertas, jantung saya berdetak kencang,” kata Schwinge.

“Ketika saya pergi ke pondok, hal terakhir yang saya harapkan untuk dilihat adalah sepotong emas dari zaman kuno.”

Mahkota buatan tangan, terbuat dari emas murni, berukuran kira-kira delapan inci dan beratnya sekitar 100 gram. Temuan langka itu mengejutkan baik pemilik maupun penilai.

“Saya tahu kakek saya sering bepergian pada tahun 1940-an dan 50-an dan dia menghabiskan waktu di daerah perbatasan barat laut, tempat Alexander Agung berada, jadi mungkin saja dia mendapatkannya saat dia berada di sana,” kata pria itu. “Tapi dia tidak pernah memberitahuku apa pun tentang karangan bunga ini.”

Mahkota tersebut diyakini berasal dari zaman kuno di Yunani Utara, sejak periode Helenistik, yang terjadi sejak kematian Alexander Agung pada 323 SM dan munculnya Kekaisaran Romawi pada Pertempuran Actium pada 31 SM. Telah dilaporkan bahwa mahkota itu bernilai £ 100.000 hingga £ 200.000. (sekitar Rp 1,9 miliar hingga Rp 3,9 miliar).

Tidak mudah untuk melacak garis keturunan yang tepat dari mahkota karena itu tidak memiliki jejak kertas atau dokumen, tetapi karena ditemukan dengan jejak kotoran, diyakini bahwa itu mungkin telah terkubur untuk beberapa waktu.

“Sangat sulit untuk menentukan tanggal karangan bunga emas jenis ini,” kata Schwinge. “Secara gaya itu milik kelompok karangan bunga yang dijernihkan yang berasal dari periode Helenistik dan bentuknya mungkin menunjukkan bahwa itu dibuat di Yunani Utara.”

Mahkota seperti yang ditemukan ini biasanya menggambarkan cabang pohon laurel, myrtle, oak dan zaitun, semua simbol dari cita-cita dan moral yang dipegang di Yunani kuno seperti kebijaksanaan, kemenangan, kesuburan, perdamaian dan kebajikan.

Mahkota tersebut juga biasanya dikenakan pada acara-acara khusus atau didedikasikan untuk para dewa dan ditempatkan sebagai persembahan di kuburan orang-orang bangsawan di zaman kuno. (lidya/yn)

Sumber: greekreporter

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular