Gu Xiaohua – Epochtimes.com

Baru-baru ini, banyak bagian dari Provinsi Shaanxi telah dilanda hujan lebat, di antaranya, Kanal Hanhui di Kabupaten Mian, Hanzhong, Tiongkok memiliki retakan setinggi 15 meter, menyebabkan banjir serius di daerah tersebut. Jalan runtuh, Air, listrik, dan sarana komunikasi terputus di banyak kota. Di antaranya, listrik dan sarana komunikasi terputus di seluruh kota Kota Changgouhe, dan seluruh desa kehilangan kontak. Setidaknya 60.000 orang menghadapi dilema tidak ada air atau listrik

Pada 23 Agustus 2021, pemilik toko kue di pusat Kabupaten Mianxian kepada reporter Epoch Times mengungkapkan bahwa “kanal Hanhui hancur dan pecah, sehingga banjir melanda dan membanjiri daerah tersebut.” Sebagian besar daerah itu terendam banjir. Di bagian terdalam air, atap mobil terendam. Desa-desa dan kota-kota terkena dampak serius, mobil-mobil di Kota Changgouhe hanyut dan rumah-rumah terendam banjir. ” Sedangkan semua pasokan air dan listrik dan lalu lintas  terputus di Kota Changgouhe . Situasinya sangat serius. “

Warga itu berkata : “Bencana terburuk di kota kabupaten adalah jalan di pintu masukGuótài chéng Shangju di utara Kota , serta jalan Jiàncái. Yang terburuk di daerah pedesaan adalah Kota Changgouhe dan Guanshanliang. Kota di Wuhou juga terkena dampak serius.”

Orang-orang yang diwawancarai mengatakan bahwa, semua rumah di lantai pertama di kota county terendam banjir. Sampai dengan tanggal 23 Agustus, masih terjadi pemadaman air dan listrik di beberapa komunitas dengan banjir yang parah.

Banyak video yang diposting oleh netizen di media sosial menunjukkan bahwa Shaanxi dilanda hujan lebat, menyebabkan banjir bandang di gunung dan tanah longsor, dan jalanan runtuh seketika. Banyak tempat yang dibanjiri air yang bergejolak. Sejumlah besar mobil terendam  dan kedalaman air hampir mencapai atap mobil. Warga sangat menderita.

China News Service melaporkan pada tanggal 23 Agustus, bahwa bagian Xizhai dari saluran utama utara Kanal Hanhui meluap 15 meter. Air mengalir melalui lahan pertanian ke daerah perkotaan Kabupaten Mianxian. Enam jalan utama di daerah perkotaan memiliki akumulasi air yang serius, mencapai kedalaman sekitar 60 cm. Lebih dari seribuan mobil terendam.

Selain itu, ruang kendali utama listrik sebuah gardu induk di Kabupaten Mianxian terendam banjir. Sehingga menyebabkan kesulitan pasokan listrik bagi 60.000 orang di kota.  Kabel utama dan ruang komputer perusahaan terendam air, dan dua pertiga penduduk kota, sekitar 60.000 orang, mengalami kesulitan dalam penyediaan air. Kondisi mereka sulit untuk pulih dalam waktu singkat.

Laporan itu mengatakan bahwa Kota Changgouhe, terkena dampak parah, dan listrik serta sarana komunikasi terputus di seluruh kota, rumah-rumah penduduk, kantor kota, dan kantor polisi terendam banjir.  Jalanan rusak parah, dan ada titik-titik mengalami longsor.

Menurut laporan media daratan Tiongkok, di Hanzhong, Shaanxi, hujan lebat terjadi di 6 kabupaten dari  21.00 hingga 22.00 malam, dan sebagian besar Kabupaten Mian di Kota Hanzhong mengalami hujan yang sangat deras. Curah hujan maksimum 237,7 mm. Komunikasi di Kabupaten Mian terputus. Jalan-jalan ambruk, pusat kota kabupaten kebanjiran, air dan listrik terputus. Bahkan, jalan-jalan serta rumah-rumah di kota itu rusak. Pada  22 Agustus pukul 16:00, sebanyak 11.639 orang di kabupaten tersebut terkena dampak, dan 60.000 orang di kabupaten tersebut mengalami kesulitan terkait pasokan air dan pasokan listrik.

Seorang petugas penyelamat mengatakan bahwa, beberapa tempat di sepanjang jalan terendam banjir, dan beberapa daerah memiliki kedalaman lebih dari satu meter. 

Pada siang hari  22 Agustus, dalam perjalanan ke Kota Changhegou, Kabupaten Mian, petugas itu berkata :  “Saya melihat banyak jalan yang ambruk sampai ke kota.” Setelah hujan lebat pada 21 Agustus malam dan sampai tanggal 22 Agustus sore, Desa Changgouhe, Kota Changgouhe Desa tidak dapat dihubungi.

Pada pukul 16:00 pada  22 Agustus, curah hujan di Kabupaten Hanzhong Mian, Kabupaten Xixiang, Kabupaten Zhenba dan kabupaten lainnya terus berlanjut.

Menurut Departemen Sumber Daya Air Provinsi Shaanxi, dari pukul 08.00 pagi pada  22 Agustus hingga pukul 08.00 pagi pada 23 Agustus, hujan sedang hingga lebat turun di sebagian besar Guanzhong selatan dan Shaanxi selatan, dan hujan lebat terjadi di bagian selatan Hànzhōng dan Ankang barat.  (hui)

Share

Video Popular