Erabaru.net. Kehilangan satu atau dua anggota tubuh juga berarti kematian bagi sebagian besar hewan.

Untungnya, teknologi inovatif sekarang memungkinkan kita membuat prostetik untuk semua jenis hewan! Berkat pencetakan 3D, misalnya, seekor kucing bernama Dymka ini mendapatkan empat kaki titanium yang memberinya kesempatan baru untuk hidup!

Seorang pria yang baik hati menemukan Dymka di pinggir jalan di Novokuznetsk, Siberia. Kucing malang itu telah berada di luar dalam cuaca dingin begitu lama sehingga keempat kakinya hancur dan harus diamputasi. Alih-alih menidurkan hewan itu, tim dokter hewan dan peneliti dari Tomsk Polytechnic University memutuskan untuk mencoba beberapa teknologi baru agar Dymka dapat bergerak lagi.

Pertama, mereka melakukan CT scan pada kaki Dymka untuk membuat rontgen mendetail. Dengan menggunakan scan itu, mereka menggunakan batang titanium yang dicetak 3D untuk dimasukkan ke dalam tunggul kucing.

Batang menempel pada kaki karet kecil. Para ilmuwan melapisinya dengan kalsium fosfat, mengubahnya menjadi “biomaterial” untuk mengurangi risiko infeksi. Dengan cara ini, tubuh kucing dapat menerima batang sebagai bagian dari dirinya sendiri, daripada menerima benda asing yang dapat ditolak.

Sudah dua tahun sejak Dymka mendapatkan kaki barunya, dan dia menunjukan perkembangan ! Dia sekarang bisa berjalan, berlari, melompat, dan bahkan naik-turun tangga.

Ini bukan pertama kalinya seekor kucing menerima perawatan revolusioner semacam ini. Kucing Rusia lainnya bernama Ryzhik adalah yang pertama menerima kaki titanium baru setelah kehilangan anggota tubuhnya karena radang dingin.

Dymka dan Ryzhik sebenarnya tinggal bersama di fasilitas medis yang menyelamatkan mereka. Kedua kacang polong ini sekarang menjadi teman terbaik!

Kami berharap ini adalah awal dari tren yang luar biasa! Tidak ada alasan bagi hewan untuk berjuang begitu keras ketika kita memiliki alat dan bakat untuk membantu mereka! (lidya/yn)

Sumber: inspiremore

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular