Erabaru.net. Jack Ma terlahir pada tanggal 10 September 1964 di Provinsi Hangzhou. Pria ini melalui masa kecil yang tidak mudah karena berasal dari keluarga miskin. Dia pun memutar otak supaya dapat menjadi orang yang sukses.

Saat berusia 12 tahun, Jack Ma berusaha mempelajari bahasa Inggris secara otodidak dengan mendengarkan siaran radio. Tak hanya itu, setiap hari dia pergi ke Distrik West Lake untuk bertemu dengan turis asing dan menawarkan menjadi pemandu gratis supaya dia bisa berlatih bahasa Inggris. Hal tersebut dilakukannya kurang lebih selama delapan tahun.

Ketika mendaftar di perguruan tinggi, Jack Ma sempat ditolak berkali-kali oleh universitas pilihannya. Namun, dia tidak menyerah hingga akhirnya bisa diterima di Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988. Sayangnya setelah lulus, dia juga banyak ditolak saat memasukkan lamaran kerja. Dia pun kemudian menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan gaji kecil di sebuah universitas.

Pada tahun 1995, Jack Ma memutuskan untuk pergi ke Amerika sebagai penerjemah. Di sana, dia bertemu dengan seorang kawan yang mengenalkannya pada internet.

Saat mencari tentang Tiongkok di internet, dia tidak dapat menemukan informasinya sama sekali. Oleh karena itu, dia kembali ke negara asalnya dan membuat perusahaan yang melayani jasa pembuatan website bernama China Pages.

Usaha yang dijalankan Jack Ma tersebut bisa dibilang cukup sukses. Pada tahun 1998, dia bekerja pada sebuah departemen yang menangani penjualan produk online di bawah Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Namun pada tahun 1999, dia memutuskan untuk mundur dari pekerjaan tersebut.

Setelah itu, dia mengumpulkan beberapa temannya yang bisa diajak kerjasama untuk membuat sebuah perusahaan belanja online, Alibaba. Meskipun pada awalnya perusahaan lain tidak ada yang mau bekerja sama, tapi berkat ketekunan dan kerja keras akhirnya berkembang dengan baik. Bahkan, perusahaan teknologi tersebut mampu bersaing dengan perusahaan raksasa lain seperti Google, Apple, dan Microsoft.

Siapa yang tidak kenal Jack Ma? Pria asal Tiongkok itu adalah seorang miliarder sekaligus pemilik dari situs e-commerce besar, Alibaba.

Dari kisah inspiratif kehidupan nyata Jack Ma ini kamu mengambil suatu pelajaran, yaitu untuk tidak menyerah.

Jack Ma ditolak beberapa kali dari universitas yang diinginkannya, dia juga mengalami banyak penolakan saat melamar pekerjaan. Tapi, dia tidak menyerah begitu saja, bahkan terus berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Hari ini, Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di Tiongkok. (lidya/yn)

Sumber: shoutmeloud

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular