Erabaru.net. Dalam apa yang oleh para ilmuwan sebut sebagai spesies pertama di dunia, bayi hiu “ajaib” ini lahir dalam tangki yang penuh dengan hiu anjing pemburu halus betina di Sardinia, Italia.

Partenogenesis, atau “kelahiran perawan”, sebelumnya telah diamati di alam, dari berbagai spesies tanaman, serangga, reptil, burung, dan ikan, tetapi tidak pernah pada hiu anjing pemburu halus, yang menjelaskan mengapa staf di Acquario Cala Gonone terkejut melihat bayi muda di antara semua hiu betina. Kelahiran bayi hiu ajaib secara aseksual belum dikonfirmasi secara resmi, tetapi tim di akuarium Italia mengatakan tidak ada penjelasan lain yang masuk akal.

Karena embrio menerima materi genetik hanya dari satu individu, partenogenesis adalah proses yang pada dasarnya membentuk klon induknya, dengan DNA yang identik. Tes Ispera, nama bayi hiu baru, diharapkan untuk mengkonfirmasi bahwa dia adalah tiruan dari ibunya.

“Sang ibu tinggal di bak pelagis besar dengan spesimen betina lain. Jika dikonfirmasi dengan analisis DNA, itu akan menjadi partenogenesis pertama yang terdokumentasi di dunia yang didokumentasikan oleh Mustelus Mustelus. Ispera, nama yang dipilih untuk si kecil, dalam bahasa Sardinia berarti harapan dan kelahiran di era [COVID-19] itu pasti,” tulis Acquario Cala Gonone di Facebook.

Menurut laporan berita Italia, pembuahan misterius terjadi di sebuah tangki hiu yang dihuni oleh dua hiu anjing pelacak betina selama sepuluh tahun terakhir, tanpa ada pejantan yang terlihat.

“Salah satu mekanisme paling umum yang memungkinkan jenis reproduksi ini adalah di mana sel telur dibuahi oleh sel telur lain yang masih belum matang, yang sebenarnya bertindak hampir seperti sperma,” tulis Acquario Cala Gonone. “Partenogenesis dapat menjadi pilihan pada spesies yang biasanya bereproduksi secara seksual, seperti pada beberapa reptil, ikan, dan bahkan burung, dan dapat disukai pada populasi dengan kepadatan sangat rendah, di mana betina memiliki sedikit peluang untuk bertemu pasangannya.”

“Oleh karena itu, ini akan menjadi penemuan ilmiah yang sangat menarik karena dapat membuka jalan bagi penelitian yang bertujuan untuk memverifikasi bagaimana partenogenesis adalah proses yang digunakan palombe bahkan di alam,” lanjut pernyataan itu. “Kami akan terus mengabari Anda!” (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: STORY

Video Popular