Erabaru.net. Pakar satwa liar mengatakan lumba-lumba ramah yang terlihat bermain dengan perenang di lepas Pantai Cornish sebenarnya bisa berbahaya.

Hewan itu tampak menikmati dirinya sendiri di dalam air dengan sekelompok besar anak-anak, yang berteriak kegirangan saat lumba-lumba itu memerciki mereka dengan air dan melakukan trik.

Mamalia soliter, bernama Nick, memesona kerumunan saat muncul dan keluar dari air – tetapi pengamat mengatakan perilakunya menjadi semakin riuh dan tidak menentu pada Minggu malam.

Sekelompok turis dan pemain papan dayung tidak bisa mempercayai keberuntungan mereka ketika makhluk laut itu berenang ke arah mereka dan bergabung dalam kesenangan di Pelabuhan Hayle.

Tetapi para ahli setempat mengkhawatirkan kesejahteraan Nick – dan mengatakan bahwa dia secara tidak sengaja dapat menyebabkan cedera.

Lumba-lumba hidung botol dikatakan sebagai ‘penyendiri sosial’, yang berarti dia memilih untuk bersosialisasi dengan orang-orang daripada lumba-lumba lain.

Hewan itu sebelumnya terlihat di Kepulauan Scilly pada Juni tahun lalu dan kemudian di County Cork, Irlandia.

Badan amal penyelamatan hewan laut British Divers Marine Life Rescue (BDMLR) menangkap rekaman saat dia berinteraksi dengan teman-teman barunya dan melambaikan ekornya ke arah mereka.

Lumba-lumba terkenal cerdas dan makhluk sosial yang menghabiskan banyak waktu bermain bersama kelompok mereka di alam liar dan tidak biasa melihat mereka sendirian.

Koordinator area organisasi Dan Jarvis, yang merekam video manis itu, mengatakan: “Kami mendapat telepon tentang lumba-lumba di Pelabuhan St Ives, yang ternyata adalah lumba-lumba hidung botol soliter sosial baru yang disebut ‘Nick’.”

“Itu kemudian muncul di Pelabuhan Hayle dan masuk di antara sekelompok besar orang, kebanyakan anak-anak, yang sudah berada di dalam air dan mulai berinteraksi dengan mereka dengan cukup riuh.”

Dia melanjutkan: “Setelah beberapa saat menjadi jelas bahwa perilaku lumba-lumba meningkat dan menjadi lebih tidak menentu, jadi kami sangat khawatir bahwa seseorang akan terluka.”

“Hayle Surf Life Saving Club yang juga memantau situasi bersama kami, juga menyarankan orang-orang untuk meninggalkan air demi keselamatan mereka dan perahu mereka kemudian digunakan untuk memancing hewan itu kembali ke laut sebelum gelombang keluar menjebaknya.”

BDMLR dan badan amal lainnya, The Marine Connection, bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran tentang lumba-lumba.

Mereka memperingatkan orang-orang yang bertemu hewan itu untuk berhati-hati karena perilakunya bisa jauh lebih tidak terduga daripada lumba-lumba lainnya.

Saran mereka adalah untuk tidak memberi makan Nick atau pergi ke air untuk bermain dengannya dan menjaga perahu tetap bergerak dengan kecepatan dan arah yang stabil saat berada di sekitarnya.” (lidya/yn)

Sumber: metro

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular