Erabaru.net. Seorang model sukses dari Polandia telah meninggalkan pekerjaannya untuk pergi ke Kenya dan mengajar menjahit dan mendesain kepada wanita kurang mampu.

Pada tahun 2018, Maja Kotala memutuskan untuk mengubah hidupnya dan pergi ke Afrika untuk membantu orang lain. Dia mendirikan proyek ‘Menjahit Bersama’ yang mendidik wanita tentang cara menjahit dan membuat bisnis mandiri.

Berbasis di Mombasa, kursus gratis tidak hanya mengajarkan siswa cara membuat pakaian tetapi juga memulai lini mode mereka sendiri.

“Saya mengajari mereka cara membuat koleksi. Saya mengajarkan dasar-dasar bisnis, pemasaran, penjualan, keterampilan menawar dan bagaimana berperilaku terhadap klien,” kata Kotala.

Pelatihan menjahit berlangsung sekitar satu bulan. Keberhasilan proyek ini didasarkan pada fakta bahwa perempuan terpelajar melatih perempuan baru.

“Setelah enam bulan mereka membuat dan menafsirkan gambar. Saat ini, saya bisa membuatkan tempat kerja untuk mereka,” kata Kotala.

Dia tidak suka meminta sumbangan, sehingga program ini didanai melalui kemitraan dengan bisnis lain, serta menjual desain mereka sendiri melalui Toko Amal.

Mengapa Afrika?

Kotala mengatakan setelah tinggal di Australia dan Paris, dia menemukan tempatnya di Afrika.

“Afrika itu indah, penuh warna, dan terbuka. Saya belum pernah menemukan sikap yang begitu baik,” katanya. “Jadi saya memiliki kekuatan untuk memperjuangkan gadis-gadis berbakat ini.”

Sekolah memberi perempuan kesempatan untuk mengubah pandangan dari stereotip kuat bahwa peran perempuan adalah tinggal di rumah dan menjaga anak-anak.

“Salah satu siswa saya berasal dari keluarga Muslim dan dia tidak diperbolehkan kuliah,” kata Kotala.

“Kami memiliki seorang ibu tunggal dengan seorang anak yang diusir oleh keluarganya karena dia hamil sebelum menikah dan dilarang pulang selama dua tahun… Kami memiliki anak perempuan yang dipaksa oleh orangtuanya untuk mempelajari apa yang disebut profesi tertentu.”

Apa masa depan Kotala?

“Saya seorang pengembara. Untuk saat ini, saya di sini dan saya bahagia, tetapi berapa lama saya akan tinggal? Sulit dikatakan. Saya ingin para gadis mengambil alih apa yang saya lakukan sesegera mungkin sehingga saya bisa mengembangkan ide Menjahit Bersama di negara lain,” ujarnya.

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular