Erabaru.net. Simpanse jantan Yu Hui, 20 tahun , yang tinggal di barat daya Kota Chongqing, tiongkok, memiliki bentuk masa lalu sebagai peniru.

Pada hari senin (23/8) , Kera besar ini meniru turis saat dia melakukan push-up dari balik panel kaca.

Sementara pengunjung yang mengenakan rompi hanya dapat melakukan push-up sebisa mungkin, Yu Hui dengan mudah melakukan lima push-up cepat.

Dia kemudian berdiri, berjalan menuju kaca, berjongkok dan menarik wajahnya untuk menghibur orang lain di kebun binatang.

Awal bulan ini, primata itu menirukan penjaganya dan melakukan serangkaian praktik kebersihan Covid-19 – meski tidak sepenuhnya berhasil.

Dia mencuci tangannya dengan baik sebelum merasakan busanya, lalu dengan lucu mencoba memakai masker wajah.

Yu Hui perlu beberapa kali mencoba untuk mengetahui bahwa itu bukan penutup mata, dan harus menutupi mulutnya.

Pada tahun 2019, staf di Taman Hiburan Lehe Ledu di Chongqing ingin mengetahui apakah kera dapat belajar mencuci pakaian melalui observasi.

Mereka meninggalkannya dengan kaos oblong, sikat, dan sebatang sabun setelah melihat penjaganya melakukan tugas itu.

Dia segera mulai bekerja dengan mencelupkan item pakaian ke dalam air dan tampak sangat menikmati prosesnya sehingga sesi cuciannya berlangsung selama 30 menit.

Peneliti Swedia pada tahun 2017 menemukan simpanse suka meniru manusia dan sering meniru gerakan seperti bertepuk tangan, menampar kepala, dan menggaruk ketiak.

Studi yang dilaporkan dalam jurnal Primates, mengamati sekelompok lima simpanse dan sekitar 10.000 pengunjung manusia di Kebun Binatang Furuvik Swedia dan Universitas Lund.

Para ilmuwan menemukan sekitar 10% dari tindakan yang dihasilkan oleh manusia atau simpanse di kebun binatang adalah tiruan dari interaksi spesies lain.

Peneliti Dr Gabriela-Alina Sauciuc mengatakan: “Kami menemukan sisi sosial dan komunikatif dari tiruan simpanse. Mereka meniru tindakan biasa seperti bertepuk tangan, dengan cara yang disengaja, sambil melihat ke arah individu yang menghasilkan tindakan tersebut.”

“Dalam beberapa kasus, mereka bahkan berusaha untuk lebih dekat dengan individu tersebut.” (lidya/yn)

Sumber: metro

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular